Kendari (ANTARA) - Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Kendari, Sulawesi Tenggara menggalakkan penanganan stunting, salah satunya membentuk Kampung Keluarga Berkualitas dan melaksanakan program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat).

"Salah satu caranya dengan membentuk Kampung Keluarga Berkualitas dan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) di tiga kelurahan, Kelurahan Punggaloba, Kelurahan Watu Watu, dan Kelurahan Benu Benua di Kota Kendari," kata Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan HAM Wali Kota Kendari Nur Rasak saat peluncuran Kampung KB dan Dashat tingkat kecamatan di Kendari. Selasa.

Ia mengatakan Kampung KB agenda prioritas nasional yang tercantum dalam Nawacita Presiden RI Joko Widodo untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari sisi kewilayahan dan pembinaan karakter keluarga, kampung KB di satuan wilayah.

“Kami selaku Pemerintah Kota Kendari sangat mengapresiasi terhadap pelaksanaan program Kampung Keluarga Berkualitas yang bersinergi lintas sektoral dengan memberdayakan masyarakat sampai ke level RT/RW,” katanya.

Dia mengharapkan, tujuan pembentukan Kampung Keluarga Berkualitas dapat terwujud, melalui strategi dengan cara baru yang lebih progresif.

Lurah Watu Watu Jumirad mengingatkan setiap warga untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan melaksanakan hidup sehat.

“Saya berharap seluruh warga masyarakat, khususnya di Kelurahan Watu Watu, punya kesadaran dalam melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, sehingga dapat terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah Kecamatan Kendari Barat dan terkhusus di Kelurahan Watu Watu,” katanya.

Peluncuran Kampung KB dan program Dashat dihadiri juga oleh Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Kota Kendari Jahuddin, Camat Kendari Barat Amir Yusuf, lurah se-Kecamatan Kendari Barat, KUA Kecamatan Kendari Barat, kepala Puskesmas Kemaraya, dan para kader kelompok kerja.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024