Mamuju (ANTARA) - Maskapai penerbangan Citilink mulai membuka rute penerbangan dari Bandara Tampa Padang Kabupaten Mamuju menuju Jakarta melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Pembukaan rute penerbangan itu ditandai dengan penyambutan pendaratan pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 1322 yang turut membawa penumpang Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik serta Direktur Citilink, di Bandara Tampa Padang Mamuju, Senin.

Penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik mengaku terharu dan bahagia atas terkabulnya harapan membuka rute penerbangan dari Mamuju ke Balikpapan dan Jakarta melalui maskapai Citilink.

"Penerbangan Mamuju ke Ibu Kota Negara (IKN) Alhamdulillah terlaksana," ujar Akmal Malik.

Sebelumnya lanjut Akmal Malik, pembukaan akses ke IKN juga diwujudkan dengan menghadirkan Susi Air beberapa bulan lalu.

"Semoga ini menjadi berkah bagi semua pihak. Betapa pentingnya kolaborasi agar kita bisa menghadirkan pelayanan terbaik bagi masyarakat," kata Akmal Malik.

Ke depan lanjut Akmal Malik, untuk meningkatkan permintaan penerbangan di Sulbar adalah membuat kegiatan berskala nasional.

"Kuncinya adalah pergerakan. Saya harap Sekda, DPRD dan OPD, agar membuat kegiatan nasional setiap minggu," tutur Akmal Malik.

Ia juga mengajak seluruh unsur Forkopimda di Sulbar yang ingin ke Jakarta agar melalui Balikpapan.

Selain potensi penumpang tambahnya, Sulbar juga didukung dengan potensi produksi pertanian yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kargo.

Sementara, Direktur Niaga dan Kargo Citilink Ichwan F Agus, menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemprov Sulbar.

Pembukaan rute penerbangan dari Mamuju ke Balikpapan serta Jakarta itu lanjutnya, sebagai bentuk dukungan pembangunan IKN.

"Sulbar bersyukur punya gubernur dengan visi kolaborasi yang kuat. Ini awal yang bagus. Kita harap konektivitas ini juga meningkatkan distribusi barang dan jasa dan semakin ke depan semakin meningkat," kata Ichwan.

Pewarta : Amirullah
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024