Kolaka (ANTARA) - PT.Antam Tbk UBPN Kolaka bekerja sama dengan Universitas Sembilanbelas November (USN) menggelar program peningkatan kapasitas kepada mitra binaan penerima dana Program Kemitraan melalui pendamping dan pelatihan yang digelar di Auditorium Kampus itu,Selasa.

Rektor USN Kolaka, Nur Ikhsan menjelaskan, program ini digagas untuk meningkatkan portofolio pelaku usaha mikro,kecil dan menengah (UMKM) yang telah menjadi mitra binaan Antam.

Selama ini kata dia pihaknya fokus menyiapkan sumber daya manusia unggul agar dapat menjadi pelaku usaha produktif dan dapat bersaing dengan dunia global dalam pengembangan usaha.

"Selain itu, USN juga giat mengembangkan produk yang dihasilkan mahasiswa," katanya. 

Saat ini lanjut Nur Ikhsan beberapa kelompok usaha mahasiswa mengikuti pameran di Surabaya Jawa Timur yang menurutnya, pameran merupakan salah satu peluang pemasaran yang baik. 

"Selain itu, jangan melupakan kearifan lokal, dengan memanfaatkan SDA asli kabupaten Kolaka, misalnya sagu," kata Nur Ikhsan menambahkan ada salah satu dosen yang sedang melakukan penyelesaian studi magister untuk pembuatan kemasan serta brand produk usaha lokal.

Dalam pres releasenya Business Support Senior Manager PT Antam,Ridho Anggoro berharap agar kegiatan pendampingan dan pelatihan kewirausahaan ini dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM. 

Antam kata dia telah berkomitmen untuk membangun sinergi dengan USN dalam meningkatkan kualitas UMKM sehingga diperlukan upaya yang mendorong pelaku usaha untuk "naik kelas" agar lebih mandiri. 

salah satu indikator pelaku UMKM yang naik kelas kata Ridho dapat dilihat dari jangkauan market atau pasarnya bertambah luas dari waktu ke waktu, memiliki produk usaha baru serta terdapat penambahan jumlah tenaga kerja pada bidang usahanya.

 "Untuk itu, maka antam bersama USN menggagas program ini, agar para pelaku UMKM bisa naik kelas," katanya.

Dalam kegiatan itu berbagai bidang usaha yang ada di Kolaka antusias mengikuti pelatihan kewirausahaan agar mendorong pelaku usaha untuk lebih bisa mandiri serta bisa melakukan penjualan produk dengan memanfaatkan Internet.  
 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024