Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi berharap dalam momen peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022, seluruh tenaga kesehatan yang ada di provinsi tersebut dapat menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB).

"Meski dihadapkan pada prioritas penanganan COVID-19, pada saat yang sama kita harus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan tersebut yang merupakan program prioritas nasional," kata Ali Mazi dalam keterangan tertulis Juru Bicara Gubernur Sultra Ilham Q. Moehiddin diterima di Kendari, Sabtu.

Gubernur Sultra Ali Mazi bertindak sebagai inspektur upacara pada upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2022 di Lapangan Aspirasi Kabupaten Kolaka Utara. Secara nasional peringatan HKN diperingati setiap 12 November 2022.

Selain meminta menekan angka kematian ibu dan bayi, Gubernur Sultra juga berharap tenaga kesehatan juga menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

Ali Mazi menyebut hal tersebut sesuai arahan langsung Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin demi membangkitkan semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi COVID-19.

"Sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas dan produktif agar Indonesia kembali bangkit dan kembali sehat," ucap Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi juga meminta tenaga kesehatan agar terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat di antaranya melalui konsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan aktifitas fisik setiap hari dan mencuci tangan dengan sabun;

Selain itu, terus mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin, baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita, imunisasi, pemeriksaan penyakit- penyakit sesuai siklus hidup.

Kemudian, terus mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada infrastruktur dan kompetensi SDM dalam menyediakan layanan kesehatan, sehingga layanan rujukan tersedia dan dapat diakses.

"Pada kesempatan ini, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan pembangunan kesehatan," kata Ali Mazi.

Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara yang dilaksanakan di Kabupaten Kolaka Utara, Gubernur Ali Mazi menyerahkan penghargaan bidang kesehatan dalam penanganan COVID-19, juga menyerahkan bantuan untuk mesjid, batuan untuk penyandang disabilitas, dan bantuan perahu untuk nelayan serta bantuan UMKM.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024