Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara menyebutkan ada sembilan wilayah kabupaten di Sultra yang kembali berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie yang diterima, Rabu, mengatakan sembilan wilayah kabupaten berpotensi hujan sedang dan lebat juga dapat disertai kilat dan petir dan angin kencang.

Adapun wilayah yang diperkirakan hujan adalah Kabupaten Kolaka meliputi wilayah kecamatan Pomalaa, dan Tanggetada, Kabupaten Konawe meliputi  wilayah kecamatan Latoma, Bondoala, Routa, Kapoiala, Morosi, dan Anggalomoare.

Kemudian, Kabupaten Konawe Selatan mencakup wilayah kecamatan Tinanggea, Andoolo, Palangga, Lainea, Lalembuu, Palangga Selatan, Buke, Wolasi, Laeya, Baito, Basala, Andoolo Barat, dan Kabupaten Bombana meliputi wilayah kecamatan Poleang Timur, Rarowatu, Poleang Utara dan Poleang Selatan.
 
Kabupaten Wakatobi meliputi Wangi-wangi, Tomia, Binongko, Wangi Wangi Selatan, Tomia Timur, Togo Binongko, Kabupaten Kolaka Utara pada kecamatan Lasusua, Batu Putih, Lambai, Pakue Utara, Kabupaten Konawe Utara di wilayah kecamatan Wiwirano, Lembo, Sawa, dan Motui, Kabupaten Kolaka Timur di kecaqmatan Ueesi, serta Kabupaten Muna Barat mencakup kecamatan Tiworo Utara,  dan sekitarnya.

"Jadi selain sembilan daerah diperkirakan hujan, juga dapat meluas ke wilayah Kabupaten Kolaka meliputi  Wundulako, Kolaka, Watubangga, Baula, Latambaga, Samaturu, Toari, Polinggona, Kabupaten Konawe: Pondidaha, Puriala, Besulutu, Meluhu, Amonggedo, dan Kabupaten Konawe Selatan di wilayah kecamatan Benua," ujarnya.

Selain itu juga lanjut Faizal, di kabupaten Bombana pada kecamatan Poleang, Rumbia, Poleang Barat, Mata Oleo, Rarowatu Utara, Poleang Tenggara, Poleang Tengah, Tontonunu, Lantari Jaya, Mata Usu, Kabupaten Kolaka Timur di  Ladongi, Poli Polia, Lambandia, Aere, Dangia,  dan sekitarnya.

Adapun suhu udara pada hari ini berkisar  24 - 32 derajat celsius dengan kelembaban udara berkisar  60 - 95 persen dengan kecepatan angin dari tenggara - barat daya per  2 - 20 kilometer per jam.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024