Kendari (ANTARA) - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari di Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar wisuda secara tatap muka penuh kepada 2.276 alumnus pada wisuda periode Agustus-Oktober 2022.

Rektor UHO Kendari Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu di Kendari, Rabu mengatakan wisuda tersebut dibagi atas dua gelombang, sesi pertama pada 1 November 2022 diikuti sebanyak 1.136 orang, dan wisuda hari ini 2 November 2022 diikuti sebanyak 1.140 wisudawan.

"Terima kasih kepada undangan, seluruh wisudawan dan wisudawati terkhusus kepada orang tua dan pendamping wisudawan-wisudawati yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk menghadiri acara ini. Wisuda kali ini merupakan wisuda secara luring pertama setelah melewati masa pandemi COVID-19," katanya.

UHO Kendari melaksanakan wisuda bagi Program Doktor ke-33, Magister ke-62, Profesi Dokter ke-30, Profesi Apoteker ke-6, Sarjana ke-95 dan Pendidikan Vokasi ke-94, periode Agustus-Oktober 2022. Wisuda kali ini sebanyak 2.276 orang yang tersebar dalam 15 Fakultas, 1 Program Pendidikan Vokasi, dan 1 Program Pascasarjana.

Sebelumnya kampus negeri terbesar di Sulawesi Tenggara ini melaksanakan wisuda  secara terbatas akibat adanya wabah pandemi COVID-19 yang muncul sejak awal 2020.

Selama masa pandemi COVID-19 Universitas Halu Oleo melaksanakan wisuda dengan dua bentuk pertama secara tatap muka dimana yang hadir langsung yakni wisudawan Program Doktor (S3) dan wisudawan lulusan terbaik masing-masing fakultas/program studi.

Sedangkan wisudawan lainnya bersama pendamping atau orang tua dan para undangan turut menghadiri melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming youtube di tempat masing-masing.

Penerapan wisuda terbatas tersebut terakhir dilaksanakan pada Mei 2022 pada wisuda periode April-Juli 2022. Hal ini dilaksanakan dalam rangka pencegahan penularan COVID-19.

Rektor UHO Prof. Zamrun berpesan kepada para alumnus agar ilmu yang sudah didapatkan di kampus dapat digunakan untuk kemaslahatan umat manusia dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin komplek ke depan.

"Wisuda bukanlah akhir untuk berhenti belajar namun sebaliknya. Belajar merupakan aktivitas yang melibatkan kegiatan berpikir yang kompleks dan juga dorongan mental yang dikendalikan oleh otak dan ketulusan hati untuk diniatkan membantu sesama," ujar Rektor.

Ia berharap seluruh alumnus terus membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang memadai agar bisa lebih baik, selalu kreatif, inovatif dan adaptif terhadap pembaruan dan mampu menyesuaikan diri dari berbagai tantangan dan keadaan yang kurang mendukung.

Prof. Zamrun juga mengajak agar para alumnus selalu menjaga nama baik Almamater Kampus UHO Kendari dimanapun mereka berada.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024