Kendari (ANTARA) - Personel Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) diberangkatkan sebagai personel bawah kendali operasi (BKO) di Polda Bali dalam pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November 2022.

Direktur Lalu Lintas Polda Sultra Kombes Pol Rahmanto Sujudi, di Kendari, Selasa, mengatakan personel yang diberangkatkan sebanyak 50 orang untuk ditempatkan sebagai BKO ke Polda Bali pada KTT G20 yang akan dihadiri para pemimpin dunia.

"Seluruh personel yang diberangkatkan dipastikan telah siap dalam mengamankan kegiatan G20 di Provinsi Bali," katanya pula.

Pemberangkatan personel Ditlantas Polda Sultra dilepas langsung Direktur Lalu Lintas Polda Sultra Kombes Pol Rahmanto Sujudi, di lapangan apel Satuan Polisi Jalan Raya (PJR) Polda Sultra.

Sebelum pemberangkatan, para personel Ditlantas Polda Sultra melakukan apel guna memastikan kesiapan serta pengecekan alat.

Ia menerangkan puluhan personel Ditlantas Polda Sultra akan bergabung dengan personel ditlantas polda dari beberapa provinsi di Indonesia, di antaranya Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

“Mereka akan bertugas dalam pengaturan jalan serta area parkir tempat pelaksanaan G20,” ujarnya pula.

Dia menambahkan para personel dari Ditlantas Polda Sultra akan bertugas di Polda Bali sebagai personel BKO selama 20 hari.

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberangkatkan 80 kendaraan bawah kendali operasi (BKO) untuk satuan tugas (satgas) pengamanan pengawalan (pamwal) pada KTT G20 di Bali.

"Hari ini kami melepas untuk yang di BKO kan ke Bali dalam rangka KTT G-20 ini adalah kloter terakhir, sebanyak 80 kendaraan roda empat dengan 265 personel," kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, di Jakarta, Senin (31/10).

Dia menjelaskan tiba di Bali, para personel BKO tersebut akan diberikan pelatihan selama tiga hari tentang pengelolaan kendaraan. Karena kendaraan yang akan digunakan adalah kendaraan berbasis baterai.

"Kami akan perkenalkan, kemudian kami akan berikan keterampilan mengemudi sampai pada pengetahuan tentang kegiatan KTT G20," katanya pula.

Menurut dia lagi, para personel yang diberangkatkan ke Bali adalah duta Polri dari korlantas untuk mengamankan salah satu kegiatan internasional tersebut.

Dia meminta seluruh jajaran bersikap humanis dalam menjalankan tugas selama kegiatan KTT G20 di Bali.

"Kami sudah sampaikan bagaimana dan apa yang harus dilakukan di Bali, karena ini membawa nama baik Polri dan membawa nama baik Indonesia," katanya menegaskan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Personel Ditlantas Polda Sultra BKO Polda Bali mengamankan KTT G20

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024