Kolaka (ANTARA) - Dosen dan mahasiswa KKN Temati Universitas Sembilanbelas November Kolaka,Sultra menggelar kegiatan pengabdian masyarakat berupa penguatan kelembagaan  Badan Usaha Milik Desa serta sosialisasi pemilahan sampah rumah tangga di Desa Tambea Kecamatan Pomalaa.

Dosen Pembimbing KKN Tematik Ny.Murni Ratnasari Alauddin mengatakan program ini merupakan hasil dari observasi mahasiswa dilokasi KKN di desa Tambea melalui pengamatan di lapangan terdapat masalah terutama masalah sampah.

Selain itu lanjut dia penguatan kelembagaan Badan Usaha Milik Desa juga dilakukan oleh mahasiswa USN bersama beberapa dosen sebagai narasumber sehingga BUMDES bisa berkembang.

" Aksi nyata KKN tematik yang dilakukan oleh mahasiswa diharapkan mampu melihat persoalan-persoalan ditengah masyarakat," katanya.

Sementara Kepala Desa Tambe Muslipang Nawir usai membuka kegiatan itu menjelaskan dengan adanya program sosialisasi mengenai pengelolaan  Sampah Rumah Tangga yang di lakukan Mahassiwa KKN ini sangat membantu masyarakat khususnya pengeloaan dan pemanfaatan sampah sehingga memiliki nilai ekonomis.

" Sampah ini hampir semua tempat menjadi masalah di Desa," jelas Muslipang.


Selain itu penguatan kelembagaan badan usaha milik desa juga menjadi perhatian karena kalau dikelola dengan baik maka bisa membuka lapangan kerja
bagi masyarakat serta mengembangkan ekonomi di desa.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024