Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari, Sulawesi Tenggara menggalang aksi donor darah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara.

Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman di Kendari, Sabtu mengatakan pihaknya menargetkan sebanyak 100 kantong darah untuk dikumpulkan.

"Alhamdulillah dari kegiatan ini yang tadi kami targetkan 100 kantong darah, dari hasil donor bisa melebihi target. Kami perkirakan bisa terkumpul 200 kantong," katanya.

Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Waspada Polresta Kendari itu diikuti hampir seluruh personel dan para calon siswa (casis).

Dia menuturkan aksi bakti sosial ini juga dilatarbelakangi oleh kepedulian Polresta Kendari terhadap ketersediaan darah yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI).

“PMI di Kota Kendari ini sangat membutuhkan stok darah. Setiap hari mereka mencari donor untuk mengisi kekosongan stok. Info dari teman-teman PMI, saat ini musim pancaroba, dan banyak masyarakat mengidap penyakit yang membutuhkan tambahan darah,” jelasnya.

Mantan Direktur Reserse Narkoba Polda Sultra itu juga mengungkapkan, beberapa hari lalu kegiatan serupa juga telah dilakukan dan berhasil mengumpul 50 kantong darah.

“Beberapa hari lalu kami juga melakukan pendonoran yang sifatnya urgen karena ada masyarakat yang membutuhkan darah, dan dia meminta kepada kami. Merespons hal itu, kami pun bekerja sama dengan PMI dan berhasil mengumpul sekitar 50 kantong darah,” ujar dia.

Perwira berpangkat tiga bunga melati emas itu menegaskan, Polresta Kendari akan selalu siap membantu PMI dalam membantu persediaan darah.

“Bila PMI ada kekurangan lagi silakan minta kepada kami. Di Polresta Kendari ini ada sekitar 800 personel, insya Allah kami bisa donor secara bergantian,” kata Eka.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024