Baubau (ANTARA) - Personel Satuan Sabhara Kepolisian Resor Baubau, Sulawesi Tenggara, melaksanakan pengamanan dan berpatroli ke sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) daerah itu setelah pemerintah mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Baubau, Ahad, Kapolres Baubau Ajun Komisaris Besar Polisi Erwin Pratomo melalui Kepala Satuan Sabhara Ajun Komisaris Polisi Laode Maktubu menyampaikan pengamanan dan patroli di SPBU-SPBU wilayah hukum Polres Baubau itu guna mengantisipasi potensi kerawanan terkait kebijakan pemerintah menaikkan BBM pada Sabtu (3/9).

"Jadi, personel Satuan Sabhara Polres Baubau telah melaksanakan pengamanan dan patroli di SPBU sejak beberapa hari yang lalu," ujarnya.

Ia menyebut sebanyak 12 personel Sabhara diterjunkan dengan menggunakan roda dua berpatroli ke sejumlah SPBU.

"Ada beberapa SPBU yang tersebar di dalam wilayah Kota Baubau, di antaranya SPBU Jalan Betoambari, SPBU Jalan Dayanu Ikhsanudin, SPBU Jalan Monginsidi, SPBU Jalan Sultan Hasanudin, SPBU Jalan Pahlawan, dan SPBU Jalan Anoa Kelurahan Lakologou, Kota Baubau," ujarnya.

Baca juga: Tiket pelayaran Baubau-Raha-Kendari naik setelah penyesuaian harga BBM

Selain personel Satuan Sabhara, petugas dari polsek jajaran juga melakukan imbauan kepada masyarakat dan patroli dialogis.

Terpantau di lapangan, SPBU-SPBU yang tersebar di wilayah hukum Polres Baubau dalam situasi aman dan kondusif.

Namun demikian, aparat kepolisian tetap mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum.

"Kami mengimbau masyarakat agar tidak panik apalagi melakukan hal-hal yang melanggar hukum terkait kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM. Dengan naiknya harga BBM tersebut, maka subsidinya akan dialihkan ke program bantuan langsung tunai sosial kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan sehingga subsidi pemerintah tersebut tepat sasaran," ujarnya.

Baca juga: Antrean kendaraan di SPBU Kota Kendari normal meski harga BBM subsidi naik

Baca juga: Polresta Kendari menjaga ketat distribusi BBM di 17 SPBU dan 3 SPBN

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024