Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara mengimbau masyarakat di daerah tersebut mewaspadai hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi mengguyur tujuh daerah di provinsi tersebut.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faisal Habibie melalui telepon di Kendari, Jumat, mengatakan tujuh daerah tersebut, yakni Kabupaten Muna, Muna Barat, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka Timur, dan Kota Kendari.

"Peringatan dini cuaca Sulawesi Tenggara pada 2 September 2022 masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dapat terjadi di tujuh daerah tersebut," katanya.


Faisal menjelaskan di Kabupaten Muna potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Napabalano dan dapat meluas ke Maligano, Lasalepa, dan Batukara.

Di Kabupaten Muna Barat, hujan lebat berpotensi mengguyur Kecamatan Napano Kusambi yang dapat meluas ke Sawerigadi, Tiworo Tengah, Tiworo Utara, Tiworo Kepulauan dan Kusambi.

Selanjutnya di Kabupaten Konawe, potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Wawotobi, Pondidaha, Puriala, Wonggeduku, Besulutu, Bondoala, Meluhu, Amonggedo, Kapoiala, Onembute, Morosi, Anggalomoare, Wonggeduku Barat, Anggotoa yang dapat meluas ke Lambuya, Unaaha, Sampara, Soropia, Uepai, Anggaberi, Konawe, dan Lalonggasumeeto.

Di Kabupaten Konawe Selatan, potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Angata, Andoolo, Palangga, Lainea, Konda, Ranomeeto, Kolono, Benua, Palangga Selatan, Mowila, Moramo Utara, Wolasi, Laeya, Baito, Basala, Ranomeeto Barat, Kolono Timur, Sabulakoa dapat meluas ke Tinanggea, Landono, Moramo, Laonti, Lalembuu, Buke, dan Andoolo Barat.

Sedangkan di Kabupaten Konawe Utara, potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Molawe, Lasolo, Sawa, Motui, Wawolesea yang dapat meluas ke Lembo, Andowia, dan Lasolo Kepulauan.

Sementara di Kabupaten Kolaka Timur potensi hujan sedang hingga lebat dapat mengguyur Kecamatan Lambandia, Dangia yang dapat meluas ke Tirawuta, Loea, Ladongi, Poli Polia, dan Aere.

Dia menambahkan potensi hujan sedang hingga lebat juga dapat terjadi di beberapa kecamatan yang ada di Kota Kendari di Kecamatan Baruga, Poasia, Abeli, Kambu, Nambo yang dapat meluas ke Mandonga, Kendari, Kendari Barat, Wua-wua, Kadia, dan Puuwatu.

Selain di tujuh kabupaten/kota tersebut, BMKG menyebut potensi hujan sedang hingga lebat dapat meluas ke Kabupaten Bombana di Rarowatu, Rumbia, Mata Oleo, Rarowatu Utara, Poleang Tenggara, Rumbia Tengah, Lantari Jaya, dan Mata Usu, serta  dapat meluas ke Kabupaten Buton Utara, utamanya di Kecamatan Bonegunu, Kulisusu Barat, dan Wakorumba Utara. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 15:20 Wita.

BMKG Sultra mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG imbau waspada hujan deras mengguyur tujuh daerah di Sultra

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024