Kolaka (ANTARA) - Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka,Sulawesi Tenggara Nur Ihsan komitmen pihaknya untuk menjadikan USN menjadi kampus yang lebih baik lagi.

Hal itu diungkapkan usia memimpin wisuda 525 mahasiswa kampus itu di Kabupaten Kolaka yang di hadiri Bupati serta stakeholder lainnya.

Untuk mewujudkan itu kata Ihsan,USN akan selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan Pemerintah Daerah dan merupakan hal terpenting untuk kemajuan kampus USN.

" Kampus mulai hari ini kita harus buka diri, bersinergi, dan membangun kerjasama," kata Nur Ihsan di hadapan para wisudawan.

Sejak dilantik sebagai Rektor USN Kolaka,lanjut dia memiliki kewajiban untuk bersinergi serta berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan agar kampus USN menjadi lebih baik lagi ke depan.


Menurutnya sebagai salah satu perguruan tinggi negeri baru di Indonesia,USN masih memiliki banyak kekurangan, mulai dari rendahnya akreditasi program studi (Prodi) hingga sarana dan prasarana yang belum memadai, sehingga berdampak pada tingkat penerimaan mahasiswa baru yang masih stagnan.

Sementara itu, Bupati Kolaka Ahmad Safei memberikan apresiasi karena kolaborasi antara USN dengan Pemda mulai berjalan karena sejak awal Pemerintah Kabupaten menginginkan adanya kolaborasi itu.

Bupati dua periode itu juga menilai bahwa kualitas pendidikan di USN Kolaka masih sangat rendah karena dari 30 program studi hanya dua Prodi yang memiliki akreditasi B, sementara Prodi lainnya memiliki akreditasi C.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kampus merah marun, Safei menyarankan agar USN Kolaka juga berkolaborasi dengan perguruan tinggi terdekat, diantaranya Universitas Halu Oleo (UHO). 

"UHO ini penuh dengan ilmu pengetahuan disana banyak profesor, doktor, banyak sekali," katanya.
 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024