Kendari (ANTARA) - Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meresmikan dimulainya pembangunan Puskesmas Kandai di Kelurahan Dapu-Dapura, Kecamatan Kendari Barat, Rabu, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

Peresmian pembangunan gedung Puskesmas Kandai tersebut ditandai peletakan batu pertama oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, dilanjutkan Ketua DPRD Kendari, Kepala Perwakilan BPK RI Sulawesi Tenggara, Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara dan Forkopimda Kota Kendari, di Kelurahan Dapu-Dapura.

Ia menjelaskan pembangunan Puskesmas Kandai karena lokasi bangunan itu terkena perencanaan pembangunan jalan poros Kendari–Toronipa yang akan dikerjakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Guna mengantisipasi pembangunan itu, Pemerintah Kota Kendari segera memindahkan lokasi puskesmas dengan mendirikan bangunan baru.

“Pembangunan Puskesmas Kandai ini akan melengkapi seluruh fasilitas kesehatan yang sudah kita lakukan di Kota Kendari,” ungkapnya.

Ia berharap, pembangunan puskesmas bisa berjalan sesuai waktu yang ditetapkan yakni bulan Desember mendatang selesai, namun tetap memperhatikan kualitas bangunan.

Selain melayani warga Kota Kendari, Puskesmas Kandai diharapkan bisa melayani warga Kabupaten Konawe Kepulauan, karena letaknya berada di bibir Teluk Kendari berdampingan dengan pelabuhan feri yang biasa digunakan warga Konawe Kepulauan.

Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala menjelaskan Puskesmas Kandai akan dibangun di atas lahan seluas 1.242 meter persegi.

Puskesmas ini akan dilengkapi dengan sejumlah ruangan, di antaranya, ruangan rawat jalan, ruang gawat darurat, ruang rawat inap, kebidanan dan penyakit kandungan, ruang poli, farmasi, laboratorium klinik, kantor dan administrasi.

“Manfaat yang insyaallah kita bisa petik, pertama memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, terutama yang berada di seputaran Kecamatan Kendari Barat, Kecamatan Kendari dan sekitarnya, mungkin saja dari Kabupaten Konawe Kepulauan dan sekitarnya. Dan insyaallah puskesmas ini dibangun dengan konsep sehat, apalagi dihadapkan dengan pemandangan yang begitu bagus (Teluk Kendari, red.),” katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024