Kendari (ANTARA) - Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Prof. Muhammad Zamrun mengatakan bahwa sinergi antara pemerintah daerah (pemda) dan akademisi penting dilakukan dalam pembangunan daerah.

"Kampus itu kan intinya selalu terbuka mendiskusikan berkaitan dengan bagaimana kita bisa memajukan pembangunan daerah kita di Sulawesi Tenggara pada umumnya," kata Rektor UHO Prof Zamrun usai membuka kegiatan seminar nasional di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu.

Menurutnya, dengan dilakukannya diskusi antarpemda dan akademisi maka akan berbagi ilmu dan informasi sehingga bisa menghasilkan kebijakan yang baik dalam mendorong pembangunan di Sulawesi Tenggara.

"Pada intinya begini di forum mana saja baik itu forum resmi maupun tidak resmi saya selalu menyarankan kepada seluruh bupati, wali kota maupun gubernur agar kita diskusikan," ujar dia.

Rektor dua periode ini mengaku terbuka menerima diskusi dengan seluruh jajaran pemerintah kabupaten/kota maupun provinsi di semua lini sektor baik perikanan, pertanian, pertambangan dan lain sebagainya.

"Jadi saya membuka diri bupati, Wali kota, silakan datang di kampus, mari kita diskusikan kira-kira apa yang bisa kita kerjakan sama-sama yang bisa dilakukan oleh pemerintah kabupaten kota maupun provinsi," ucap Prof Zamrun.

Ia mengatakan, diskusi antar-pemerintah daerah dan akademisi penting dilakukan untuk menghasilkan program-program yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Sulawesi Tenggara.

"Nah, ahlinya itu ada di kampus, kita mendukung mereka untuk mengawal bagaimana kebijakan mereka itu bisa tepat sasaran, kemudian tetap kegiatannya, tepat programnya kemudian tepat sasarannya," kata Rektor UHO Kendari.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024