Kendari (ANTARA) - Sebanyak 14 siswa program pelatihan Las SMAW 3G Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari, Sulawesi Tenggara, melaksanakan magang di PT Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI).

Kepala BPVP Kendari La Ode Haji Polondu di Kendari, Kamis, mengatakan pelaksanaan magang selama 20 hari kerja itu untuk mempraktikkan ilmu pengetahuan dan keterampilan para siswa setelah mengikuti pelatihan.

“Ini merupakan program kerja dari proses pelatihan yang ada di BPVP Kendari di mana setiap pelatihan yang telah selesai akan dilanjutkan dengan magang di berbagai perusahaan," katanya.

Ia menjelaskan, penempatan siswa Las SMAW 3G di PT VDNI juga bagian dari tindak lanjut atas perjanjian kerja sama sebelumnya antara BPVP Kendari dan PT VDNI yang ditandatangani pada 27 November 2021.

“Siswa yang kami antar diharapkan bisa memanfaatkan waktunya dengan baik guna menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, bersikap jujur, menjaga kekompakan sesama teman kerja, serta saling memotivasi antara satu dengan yang lain," ujar dia.

Sementara itu, Petugas Rekrutmen PT VDNI Deanda menyambut baik para siswa magang dan berharap mereka bisa memanfaatkan waktu magang dengan sebaik-baiknya.

“Para siswa akan dibimbing oleh dua pembimbing. Para siswa akan ditempatkan bekerja di departemen workshop bagian walder, dengan jam kerja delapan jam, waktu libur dua hari yaitu Sabtu dan Minggu, dan waktu istirahat dua jam sehari," katanya.

Dia menambahkan bahwa para siswa juga akan diberikan uang makan dan biaya transport setiap hari kerja oleh PT VDNI yang akan dibayarkan sekaligus setelah para siswa selesai mengikuti program magang.

"Setelah 20 hari magang, kami akan melihat dan menilai kemampuan dan kedisiplinan siswa untuk kemudian merekrutnya menjadi karyawan di PT VDNI," kata Deanda.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024