Kendari (ANTARA) - Kantor Unit Penyelengara Pelabuhan (UPP) Kelas II Raha Syahbandar Raha menambah armada kapal guna mengatasi kepadatan penumpang arus balik Lebaran 2022.

Kepala Kantor UPP Kelas II Raha Capt Andi Mappiwajoi di Raha, Jumat malam, mengatakan saat ini pihaknya menyiapkan dua unit kapal malam karena arus balik Lebaran 2022 pengguna moda transportasi kapal malam meningkat.

"Iya, ada dua (kapal) yang kami siapkan untuk mengatasi arus balik Lebaran, kami siapkan dua kapal sejak 5 Mei kemarin," katanya.

Dia menyampaikan jadwal pemberangkatan kapal dimulai pukul 19.00 Wita yang akan berlayar dari Pelabuhan Raha, Kabupaten Muna menuju Pelabuhan Kota Kendari.

Ia menjelaskan meski jadwal pemberangkatan kapal telah ditetapkan pada pukul 19.00 Wita, jika kapal sudah penuh dan sesuai kapasitas maka akan langsung diberangkatkan.

"Pukul 19.00 Wita dan disesuaikan kapasitas penumpang, jika sudah sesuai, maka kapal diberangkatkan," ujar dia.

Dia menyebutkan dua armada kapal malam disiapkan hingga selesai arus balik Lebaran 2022.

"Sampai selesai arus balik yang diperkirakan sampai tanggal 8 Mei, tapi semua itu disesuaikan kondisi dan situasi yang ada," ujar dia.

Ia mengimbau calon penumpang kapal agar tidak berlomba-lomba masuk kapal guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kendalanya penumpang sering memaksakan naik kapal walau sudah melebihi kapasitas," katanya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024