Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi mengimbau masyarakat di daerah itu agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) saat menjalankan ibadah shalat berjamaah di masjid, terutama saat bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

"Kita sudah bisa mudik, bisa melaksanakan ibadah, dan bisa shalat di masjid dengan catatan wajib hukumnya menjaga protokol kesehatan," kata Gubernur di sela mengunjungi pembuatan minyak goreng kelapa oleh siswa SMA/SMK di Kendari, Sabtu.

Gubernur menyampaikan berdasarkan pidato yang disampaikan Presiden Joko Widodo maka masyarakat dapat melakukan aktivitas pada Bulan Suci Ramadhan dengan ketentuan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Dari pidato Bapak Presiden Joko Widodo sudah bisa melaksanakan kegiatan di Bulan Suci Ramadhan, tetapi harus tetap menjaga protokol kesehatan," ujar Gubernur.

Ali Mazi mengimbau agar masyarakat selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan guna mencegah penyebaran COVID-19.

Gubernur meyakini jika masyarakat disiplin terhadap protokol kesehatan saat menjalankan aktivitas, maka pandemi COVID-19 yang melanda negeri dan bangsa ini, khususnya di Sulawesi Tenggara bisa segera selesai.

"Dengan demikian kita bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti dulu sebelum adanya pandemi COVID-19," ucapnya.

Gubernur mengaku bakal berkoordinasi dengan wali kota terkait penutupan tempat hiburan malam demi menghormati umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa.

"Terkait tempat hiburan malam karena untuk menghargai umat Muslim yang melaksanakan ibadah puasa, nanti kita akan berkoordinasi dengan wali kota," demikian Ali Mazi.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024