Kendari (ANTARA) - Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, memberikan apresisi kepada LKBN ANTARA Biro Sulawesi Tenggara karena telah bersinergi dalam menangani tenaga kerja melalui pemberitaan-pemberitaan kepada masyarakat di daerah itu.

Kepala BLK Kendari La Ode Haji Polondu di Kendari, Kamis malam mengatakan bahwa peran media sangat andil dalam mendorong peningkatan kompetensi angkatan kerja di daerah Sulawesi Tenggara sehingga pihaknya memberikan apresiasi.

"Kami BLK Kendari tidak sendiri, siapa yang memberi tahu masyarakat se-Sulawesi Tenggara bahwa pelatihan di BLK Kendari gratis?, ya... teman-teman wartawan yang menyampaikan itu," kata Polondu usai memberikan penghargaan kepada LKBN ANTARA.

Menurutnya, peran media salah satunya LKBN ANTARA sangat besar dalam mengatasi angkatan kerja yang kompeten di daerah itu, apalagi pegawai di BLK Kendari hanya 92 orang, dimana menurut Polondu sangat terbatas untuk bisa menjangkau seluruh jazirah Sulawesi Tenggara. 

"Kami memberikan apresiasi yang luar biasa kepada pers yang menjadi mitra BLK Kendari karena telah menjadikan BLK Kendari dikenal, yang menjadikan masyarakat lagi tidak bertanya apakah kalau latihan di BLK itu dibayar atau tidak, media yang menjelaskan itu," ujar dia.

Dia berharap penerima penghargaan tidak melihat bentuk karena hanya sertifikat, tetapi melihat makna bahwa apresiasi yang diberikan merupakan bukti catatan tertulis dalam membangun ketenagakerjaan yang kompeten di Sulawesi Tenggara.

"Walaupun bentuk penghargaan hanya sertifikat, tetapi bagi kami ini bukti catatan tertulis bahwa kita telah bersama-sama membangun ketenagakerjaan di Sulawesi Tenggara," tutur dia.

Penghargaan diserahkan langsung BLK Kendari melalui Asisten Adminstrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Sultra Suharno kepada Kepala Biro LKBN ANTARA Biro Sultra Hernawan Wahyudono.



  Kepala LKBN ANTARA Biro Sultra Hernawan Wahyudono saat menerima penghargaan dari BLK Kendari melalui Asisten Adminstrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Sultra Suharno, Kamis (30/12/2021) (ANTARA/Harianto)



Asisten Adminstrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Sultra Suharno mengatakan langkah yang dilakukan BLK Kendari dalam memberi penghargaan kepada tokoh, organisasi hingga pers merupakan bentuk komitmen BLK Kendari terhadap pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam mengatasi ketenagakerjaan.

Menurutnya, BLK Kendari secara faktual memiliki peran penting dan strategis untuk mengurangi angka pengangguran khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara melalui pelaksanaan pelatihan berbasis kompetensi.

"Kegiatan yang dilakukan BLK Kendari sangat bermanfaat bagi masyarakat Sulawesi Tenggara. Peningkatan produktivitas bagi pelaku usaha pelatihan tanggap COVID-19, pelatihan berbasis kompetensi," katanya.

Selain Perum LKBN ANTARA Biro Sultra, BLK Kendari juga memberikan penghargaan kepada tokoh berdedikasi yakni Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra Ali Mazi - Lukman Abunawas, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, Forkopimda, Rektor UHO Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu dan Kadin Sultra.

Selanjutnya, organisasi profesi pers yakni PWI, serta media lainnya yakni TVRI Sultra, RRI Kendari, media cetak hingga daring yang telah dipilih oleh BLK Kendari.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024