Kendari (ANTARA) - Forum Warga Sulawesi Selatan (FORWASS)  yang digagas masyarakat perantau di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) tengah menggalang bantuan dana untuk warga yang berdampak bencana alam di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pemrakarsa aksi sosial (Forwass) Andi Ahmad,SE di Kendari, Mingu mengatakan, gerakan sosial bagi korban bencana banjir di Sulawesi Selatan, lahir setelah warga perantau yang ada di Kota Kendari berempaty untuk membantu sesuai dengan kemampaun dan keikhlasan dalam rangka meringankan beban saudara kita di Sulsel.

Tujuan dari forum ini tak lain adalah untuk merespon kondisi yang terjadi,  adanya bencana alam di beberapa daerah di Sulsel khususnya dan Indonesia pada umumnya. Selain itu bertujuan mengedepankan persaudaraan dan memupuk tali silaturrahmi warga Sulsel di perantauan.

"Jadi bentung penggalanan bantuan ini, bukan hanya dalam bentuk uang tunai, tapi forum ini  juga mengharapkan bantuan berupa, bahan makanan, pakaian yang layak pakai, obat-obatan, peralatan rumah tangga dan lain-lainnya," ujaranya.
  Penggagas peduli sosial warga Sulawesi Selatan di Kota Kendari, Andi Ahmad,SE bersama Ketua Kerukunan Soppeng AKBP Ruslan (baju putih) dan warga KKSS Kota Kendari lainnya dalam acara penggalangan dana untuk warga Sulsel terdampak bencana alam. (Foto ANTARA/Azis Senong)

Untuk itu lanjut dia, dengan aksi peduli sosial ini, kita saling berbagi dalam bingkai kebinekaan dan persatuan dan kesatuan. Aksi sosial ini hadir secara spontanitas untuk saudara kita yang terdampak bencana banjir, angin puting beliung dan tanah lonsong khususnya di Kabupaten Soppeng, Pare-Pare, Selayar dan Kota Makassar.

Dengan penggalangan dana ini, kata Andi, kerelaan dan keiklhlasan warga Sulawrsi Selatan dimanaun berada untukl bisa membantu meringankan beban saudara kita yang mungkin masih berada  ditenda-tenda pengungsian atukah ditampung saudara mereka.

Lebih lanjut Andi Ahmad mengatakan, awal penggalangan dana sosial yang diberi tema  "Bergandengan tangan menolong sesama" bertujuan untuk membangun dan menumbuhkan rasa sepenanggungan warga Sulsel yang hidup diperantauan.
  Sesepuh Warga Sulawesi Selatan Kota Kendari Muhammad Ali (tengah) bersama, Andi Ahmad dalam penyerahan proposal untuk peduli sosial bagi warga Sulsel yang terdampak bencana alam. (Foto ANTARA/Azis Senong)
Bahkan, penggalangan dana juga akan dilakukan dalam bentuk pengajuan proposal, juga telah mendapat dukungan dari bapak Wali Kota Kendari, H.Sulkarnain Kadir,SE,MM sebagai sesepuh warga Sulawesi Selatan.

"Saya harap forum peduli sosial bagi warga Sulsel ini, tidak hanya sebatas untuk membantu warga terdampak bencana alam dibeberapa kabupaten di Sulawesi Selatan, tetapi kedepan bisa membantu warga daerah lain di Indonesia yang  juga terdampak bencana alam," ujar Walikota Kendari.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024