Kendari (ANTARA) - Komandan Korem 143/Haluoleo Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan menekankan kepada seluruh jajarannya agar terus membangun sinergi bersama pemerintah daerah, Polri termasuk pemangku kepentingan lainnya dami rakyat.

Berdasarkan keterangan tertulis Penerangan Korem 143/HO yang diterima di Kendari, Senin menyebutkan, Danrem menyampaikan hal itu saat peresmian dua koramil baru di Kodim 1429/Buton Utara dan juga satu Pos Ramil di Langgikima Kodim 1417/Kendari di Kabupaten Konawe Utara.

“Kepada personel jajaran Kodim 1417/Kendari dan 1429/Butur khususnya yang berada di Langgikima, Bone Gunu dan Wakorumba saya berpesan agar senantiasa meningkatan sinergitas dengan pemerintah,  Polri maupun stakeholder lainnya termasuk tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk kepentingan rakyat," kata Danrem 143/HO.

Danrem menambahkan bahwa satuan teritorial memiliki tugas pokok untuk membantu pemerintah dalam program pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat 

“Dengan hadirnya satuan teritorial di tengah-tengah masyarakat Butur dan Langgikima dapat membantu program pemerintah seperti dalam program pertanian, kesehatan, pendidikan, sosial maupun pembangunan infrastruktur," jelas Danrem.

Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan juga berterima kasih kepada pihak yang terkait yang telah membantu berdirinya dua Koramil dan juga satu Pos Ramil.

“Saya atas nama pimpinan TNI AD mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Buton Utara dan Konawe Utara yang telah membantu kami pada proses pembangunan tiga satuan teritorial ini," ucap Danrem.

Bupati Konawe Utara melalui Asisten 1 Setda Konawe Utara Paul Patri Dinar berharap setelah diresmikannya Pos Ramil di Langkikima dapat membantu masyarakat, baik dalam lingkuangan sehari hari maupun keamanan, sehingga, wilayah Langgikima dapat terjamin keamananya.

“Dengan berdirinya Pos Ramil Langgikima kami pemerintah Konawe Utara sangat berterima kasih kepada Bapak TNI sekalian," katanya.

Ditempat terpisah, Wakil Bupati Buton Utara Ahali memberikan apresiasi kepada Danrem 143/Haluoleo yang telah berkenan meresmikan Koramil 1429 - 03 Wakorumba Utara dan Koramil 1429 - 02 Bonegunu.

Ahali meminta para camat dan kepala desa di wilayah kerja koramil untuk selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan baik dalam dalam mendukung pembangunan daerah.

"Baik dalam mendukung pembangunan daerah maupun untuk menjaga ketahanan dan keamanan negara, sehingga apa yang kita cita citakan bersama dapat tercapai sesuai dengan harapan kita,” kata Ahali.

Plh Kapenrem 143/HO Letda Inf Rusmin Ismail mengatakan dengan berdirinya dua Koramil baru di kodim 1429/Butur dan juga satu Pos Ramil di Langgikima yang berada di Bone Gunu, Wakorumba maupun Langgikima merupakan berkat dari kerjasama TNI AD dengan pemerintah dan masyarakat Buton Utara dan Konawe Utara.

Rusmin menyampaikan dengan adanya Koramil dan Pos Ramil yang baru bisa membuat TNI AD semakin dekat dengan Rakyat dan juga bisa semakin peka dengan keadaan rakyat sekelilingnya

“Kita tentu berharap dengan berdirinya dua Koramil baru dan juga Pos Ramil ini bisa membuat kita semakin dekat dengan rakyat  sehingga bisa mengatasi kesulitan yang dihadapi masyarakat sekeliling koramil nantinya," kata Rusmin.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024