Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi menilai adanya pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-5 Korps Pegawai Negeri Indonesia (Korpri) tingkat nasional 2021 yang dilaksanakan di Kota Kendari, telah memacu pertumbuham ekonomi daerah setempat.

"Kehadiran bapak dan ibu dari luar Sulawesi Tenggara telah memicu tingkat perputaran uang di daerah ini khususnya di Kota Kendari antara lain peningkatan jumlah hunian hotel, penginapan, meningkatnya penjualan hasil olahan industri kecil, dan meningkatnya pengunjung warung makan," kata Ali Mazi saat menutup MTQ Ke-5 Korpri tingkat nasional di Kendari, Jumat.

Menurut Gubernur Ali Mazi, MTQ Korpri tingkat nasional yang dilaksanakan di Kota Sulawesi Tenggara sejak 14 hingga 20 November 2021 merupakan berkah bagi pemerintah daerah dan masyarakat setempat karena memberi dampak positif bagi pembangunan daerah.

Dia menuturkan, hadirnya berbagai unsur kafilah MTQ ke-5 Korpri tingkat nasional dari luar provinsi itu telah memberi kesempatan dan ruang bagi pemerintah daerah untuk kembali memperkenalkan dan sekaligus mempromosikan berbagai potensi daerah.

"Seperti potensi pariwisata dan potensi-potensi lainnya, sehingga semakin dikenal oleh masyarakat di seluruh Nusantara," ujar Ali Mazi.

Tentu hal tersebut, lanjut Gubernur Ali Mazi, dapat membuat laju perputaran ekonomi masyarakat setempat bisa meningkat yang sebelumnya lesu akibat adanya wabah pandemi COVID-19.

"Sehingga sekiranya tidak salah kalau saya mengatakan bahwa kegiatan MTQ ke-5 Korpri tingkat nasional di Sulawesi Tenggara terbilang sukses," tutur dia.


  Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi (kedua kiri) saat menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba MTQ Ke-5 Korpri tingkat nasional yang dilaksanakan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (19/11/2021) (ANTARA/Harianto)




Pada kesempatan itu, Ali Mazi juga memberi selamat kepada seluruh kafilah peraih juara pada MTQ ke-5 Korpri tingkat nasional di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. Sedangkan bagi kafilah yang belum berhasil meraih juara  Gubernur meminta agar tetap bersemangat.

"Karena di dalam lomba menang atau kalah adalah hal biasa yang terpenting bagi kita adalah terus meningkatkan pengalaman pengamalan nilai-nilai Alquran dalam menjalankan rutinitas sehari-hari serta tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan di pundak kita masing-masing," pinta Gubernur.

Juara umum pada MTQ Ke-5 Korpri tingkat nasional diraih Provinsi Kalimantan Selatan, juara kedua disabet Provinsi Jawa Timur, ketiga Aceh, keempat Sumatera Barat, kelima Sumatera Utara, keenam Sulawesi Tenggara, ketujuh Jawa Barat, kedelapan Banten dan Riau, kesembilan Kementerian Agama, dan ke-10 Provinsi Jambi.

Gubernur Ali Mazi juga mengutarakan permohonan maaf jika sebagai tuan rumah MTQ Ke-5 Korpri tingkat nasional pihaknya kurang maksimal dalam pelayanan.

"Sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ ke-5 Korpri tingkat nasional kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi tuan rumah yang baik dengan memaksimalkan segala sumber daya yang tersedia," demikian Gubernur Sultra Ali Mazi.

Sejumlah tamu undangan terlihat hadir pada pemutupan perhelatan tingkat nasional tersebut di antaranya Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas, Sekretaris Daerah Sultra Nur Endang Abbas, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Korpri RI Zudan Arif Fakrulah, Ketua Korpri Provinsi, Ketua Korpri Kementerian dan Lembaga, serta tamu undangan lainnya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024