Kendari (ANTARA) - Badan Intelijen Negara (BIN) daerah Sulawesi Tenggara menggelar vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat di daerah setempat dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 2021.

Kepala BIN Sultra Brigjen TNI Raden Toto Oktaviana, mengatakan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda dilaksanakan secara serentak di 17 kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara.

"Kami mengambil waktu Peringatan Sumpah Pemuda, sebagai bentuk penghargaan kami kepada seluruh tenaga kesehatan yang terus berjuang di tengah pandemi COVID-19 tanpa henti dan tidak mengenal lelah," kata Raden Toto melalui rilis BIN Sultra yang diterima di Kendari, Kamis.

BIN Sulawesi Tenggara menargetkan sekitar 5.500 orang yang terdiri dari 3.500 orang pelajar dan 2.000 orang masyarakat umum. 

Pihaknya menambahkan terdapat 34 titik di antaranya 17 titik berada di sekolah dengan sasaran pelajar dan 17 titik di berbagai desa dengan sasaran masyarakat umum secara door to door atau jemput bola utamanya lansia.

"Harapannya juga menjadi momen pengingat dan pembangkit semangat kepada pemuda dan masyarakat, untuk mengikuti vaksin demi mewujudkan herd immunity serta tercapainya Indonesia Sehat Indonesia Hebat," ujar dia.

Pelaksanaan vaksinasi di Sultra saat ini baru mencapai sekitar 33 persen, sedangkan amanat Presiden RI Joko Widodo pada akhir tahun 2021 harus mencapai 70 persen. 

“Pekerjaan yang tidak mudah, seluruh pemangku kepentingan perlu mendukung pelaksanaan vaksinasi COVID-19, semoga bisa tercapai 70 persen. Mari datang ke gerai vaksinasi yang tersedia di wilayah, vaksin aman dan halal” tutupnya.

Salah seorang perwakilan Desa Benubenua Jaya, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara bernama Nyoman, menyampaikan terima kasih kepada BIN Sulawesi Tenggara yang telah menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 di daerahnya.

“Antusias masyarakat cukup besar, bahkan didominasi oleh lansia," ujar dia.

Di daerah itu, perwakilan BI Sultra juga memberikan sebanyak lima paket alat kesehatan kepada Desa Benubenua Jaya agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024