Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) merilis bahwa sebagian wilayah kabupaten dan kota di provinsi itu berpotensi hujan disertai guntur dan angin kencang.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Sugeng Widarko di Kendari, Minggu, mengatakan beberapa wilayah Sultra seperti Kota Baubau, Kabupaten Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Muna, Buton Tengah dan Buton Selatan berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat disertai guntur dan angin kencang.

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra tepatnya di keenam daerah tersebut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," kata dia.

Dia menyampaikan, kondisi tersebut berpotensi meluas ke beberapa daerah lainnya seperti di Kabupaten Buton Utara, Muna Barat, Bombana dan Buton.

BMKG menyebut pada siang hingga sore hari berpotensi hujan sedang di wilayah Kolaka Utara, Konawe Selatan. Hujan Ringan di wilayah Baubau, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Buton, Kendari, Kolaka Timur, Kolaka, Konawe Kepulauan, Konawe Utara, Konawe, Muna Barat, Muna.

"Malam hari berpotensi hujan sedang di wilayah Kolaka Utara. Berpotensi Hujan Ringan di wilayah Konawe Utara," jelas dia.

BMKG juga menyampaikan suhu udara mencapai 24-32 derajat Celcius, dengan kelembaban udara 60-95 persen dan angin bertiup dari Timur Laut menuju Tenggara dengan kecepatan 2-20 kilometer per jam.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin selama memasuki masa pancaroba tahun ini.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024