Kendari (ANTARA) - Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI tahun 2021, jajaran Korem 143 Haluoleo bekerja sama dengan Kodim 1417 Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan kegiatan donor darah dan berhasil memperoleh 153 kantong darah.

Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah 3 (Dandenkesyah) Kendari, Letkol CKM dr. Muhammad Ermil Zulkarnain Suyuthi, SpAn, M Kes di Kendari, Senin mengatakan, kegiatan donor darah yang dipusatkan di aula Jenderal Sudirman Korem Kendari itu berlangsung lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Jumlah peserta donor yang terdaftar di panitia hampir mencapai 200-an orang, namun setelah dilakukan pemeriksaan oleh  tim medis dari RS Korem maupun dari PMI Kendari, yang berhak mengikuti donor sebanyak 153 orang," ujarnya.

Ia mengatakan, donor darah merupakan kegiatan yang sangat mulia sebagai wujud kepedulian sosial terhadap sesama. Donor darah selain untuk menambah ketersediaan jumlah kantong darah di PMI  juga sangat penting bagi mereka yang benar benar membutuhkan demi menyelamatkan jiwa dan kelangsungan hidupnya.

Muhammad Ermil mengatakan kegiatan donor selain diikuti jajaran TNI Korem, Kodim dan prajurit 725 Woroagi, anggota Polri, ormas FKPPI, insan Pers, Mahasiswa dan masyarakat di Kota Kendari.
  Rangkaian Hut TNIke-76, Jajaran Korem 143 dan Kodim 1417 Kendari lakukan donor darah. Nampak peserta saat donor darah di aula Jenderal Sudirman Korem Kendari, Senin. (Foto ANTARA/Azis Senong)

Dalam rangkaian Hut TNI 2021 ini,  juga pada hari puncak TNI 5 Oktober pada Selasa besok, akan dilakukan vaksinasi massal dipusatkan di aula Korem 143/Haluoleo dengan target vaksinasi sebanyak 500 orang.

"Untuk upacara HUT TNI 5 Oktober, akan dilakukan secara virtual di aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur Sultra. Jadi yang ikut sebagai peserta upacara, hanya beberapa pejabat utama TNI dan undang tertentu saja," ujarnya.

Sebelumnya, kata Muhammad Ermil, juga telah dilakukan karya bakti ke Taman Makan Pahlawan (TMP) Watubangga Kota Kendari yang melibatkan dari tiga kesatuan (TNI AD-AL dan Udara) serta anggota Polri.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024