Buton Selatan (ANTARA) - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, Isur Hanafsan menyebutkan program bantuan untuk nelayan pada 2022 sebesar Rp6,3 miliar yang diperoleh dari pemerintah pusat merupakan upaya bupati La Ode Arusani dalam meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan daerah itu.

"Jadi program dari dana alokasi khusus (DAK) itu jelas arahan beliau (Bupati Busel) bagaimana memajukan ekonomi atau pendapatan masyarakat, sehingga salah satunya program adalah pengadaan kapal, budi daya rumput laut dan beberapa kegiatan lainnya," kata Isur, di Buton Selatan, Senin.

Program bantuan yang akan diperuntukan bagi para nelayan di daerah pemilik pulau ular itu, menurut dia adalah hasil dari kerja keras Bupati Buton Selatan La Ode Arusani yang terus berkomunikasi dengan pemerintah pusat sebagai upaya untuk mendorong atau mengembangkan pendapatan masyarakat khususnya nelayan guna memenuhi kebutuhan kehidupan mereka.

Adapun program bantuan untuk tahun 2022 itu, yakni pengadaan sarana dan prasarana pemberdayaan usaha kecil masyarakat kelautan dan perikanan (nelayan dan pembudidaya ikan), pengadaan perahu/kapal, penangkap ikan untuk perairan laut lebih kecil dari 5 GT sebanyak 27 unit.

Kemudian, mesin kapal perikanan untuk perahu/kapal penangkap ikan berukuran lebih kecil dari 5 GT sebanyak 8 unit, alat penangkapan ikan ramah lingkungan sebanyak 600 unit, sarana pendukung kegiatan penangkapan ikan (GPS, Fish finder, lampu, kul box) sebanyak 125 unit.

Selain itu, sarana prasarana budi daya rumput laut sebanyak 4 paket, dan bedah UPI skala kecil (perbaikan bangunan beserta peralatan pendukung) dan rehabilitasi gedung beku terintegrasi sebnayak 2 unit.

Sejumlah bantuan yang telah diprogramkan itu, kata dia telah dipersiapkan dan rencana penyerahannya akan dilakukan pada awal 2022 mendatang.

"Jadi sebenarnya dari sekarang ini sudah disiapkan seperti misal desain kapalnya. Tapi yang jelas kita harapkan awal tahun depan sudah berjalan (diserahkan)," kata Isur.

Selain bantuan tersebut, kata dia, program-program tahun ini maupun tahun sebelumnya juga terus dilakukan sebagai upaya mendorong peningkatan perekonomian masyarakat nelayan sebagaimana visi misi Bupati Buton Selatan La Ode Arusani.

"Jadi pak bupati terus memberikan dorongan kepada kami agar selalu berkreasi berkerja dengan memprogram yang untuk kepentingan masyarakat. Karena beliau ingin selain percepatan pembangunan juga harus bagaimana dengan peningkatan pendapatan masyarakat disemua sektor," katanya.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024