Kendari (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sulawesi Tenggara menyampaikan sebanyak 11 pemerintah daerah di provinsi itu mendapat penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut sejak 2016-2020.

Kepala Kanwil DJPb Sultra Arif Wibawa di Kendari, Kamis, mengatakan pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kementerian negara/lembaga dan pemerintah daerah yang laporan keuangannya memperoleh opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Untuk pemerintah daerah lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara mendapatkan penghargaan WTP minimal lima kali berturut-turut sejak 2016-2020 terdiri dari pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Bombana, Buton, Kolaka Utara, Konawe, Wakatobi, Kolaka, Muna, Muna barat, Kota Baubau dan Kota Kendari," kata dia.

Ia menyampaikan, pemberian penghargaan opini WTP terdapat tiga kategori yakni penghargaan lima kali berturut-turut, penghargaan 10 kali berturut-turut, dan penghargaan 15 kali berturut-turut.

"Sedangkan untuk yang 10 dan 15 pemerintah daerah yang ada di provinsi Sulawesi Tenggara belum ada," ujar dia.

Meski demikian, menurut dia, dengan 11 daerah yang menerima penghargaan opini WTP lima kali berturut-turut sudah merupakan hal yang baik.

"Harapannya tahun depan nanti akan semakin meningkat lagi," kata Arif Wibawa.

Ia juga berterima kasih dan memberi apresiasi kepada semua pemerintah daerah dan unit vertikal kementerian/lembaga lingkup Sulawesi Tenggara yang terus mengawal akuntabilitas laporan keuangan.
 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024