Kendari (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara mendorong organisasi Kader Anti Narkoba (KIPAN) sebagai pelopor gerakan upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di kalangan pemuda.

Kepala BNN Sultra Brigjen Pol Sabaruddin Ginting di Kendari, Jumat, mengatakan dalam mengatasi masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba khususnya di kalangan pemuda dibutuhkan peran semua pihak salah satunya KIPAN.

"Kita mendorong agar KIPAN bisa menjadi pionir (pelopor) penggerak di kalangan pemuda untuk terus melakukan hal positif dan utamanya mensosialisasikan program P4GN di Sultra," kata dia.

KIPAN Sultra telah mendapatkan  Surat Keputusan Nomor: 03/MPN.KIPAN/Keo-02.02/VIII/2021 tentang Susunan Pengurus Kader Inti Pemuda Anti Narkoba Sultra Tahun 2020- 2023.

Kepala BNNP Sultra bersama Koordinator Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNP Sultra Harmawati mengucapkan selamat dan berharap KIPAN terus bersinergi menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba.

Sabaruddin berharap penuh agar seluruh pengurus KIPAN ketika dilantik oleh Gubernur Sultra nantinya, sampai akhir hayat selalu menjadi pelopor P4GN dan tidak terlibat masalah narkoba.

"Berdasarkan Intruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN dan Prekursor Narkotika, maka setiap tahun pelaksanaan deteksi dini calon KIPAN di setiap provinsi termasuk Sultra," ujar dia.

Ketua KIPAN Sultra Israfil mengatakan sebagai kader pemuda antinarkoba akan menjadi sebuah gerakan baru bagipemuda di Sulawesi Tenggara utamanya bersinergi dengan BNN setempat untuk menggelorakan P4GN.

Ia mengaku, sambil menunggu pelantikan KIPAN oleh Gubernur Sultra pihkanya berencana membentuk KIPAN  di 17 kabupaten/kota dan menyusun rencana kerja untuk dilaksanakan.

"Semua ini akan kami lakukan dengan tujuan menyelamatkan generasi muda, dan tentunya ini adalah tanggung jawab kita bersama, Pemda, BNN, pemangku kepentingan linnya, dan seluruh masyarakat  Sultra dalam mewujudkan Indonesia bersinar, Bbersih narkoba," kata Israfil.


Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024