Kendari (ANTARA) - Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), yang juga Kadis Dikbud Sultra Asrun Lio  menyebutkan bahwa setelah melakukan pendataan, potensi alumni Unhas di wilayah Sultra mencapai lebih 10.000 orang.

"Ternyata cukup banyak alumni Unhas di Sultra yang tersebar pada 17 kabupaten dan kota. Olehnya itu sebagai wujud dukungan pengurus IKA Unhas melibatkan bapak Wakil Gubernur Sultra Dr.Lukman Abunawas sebagai Ketua dewan Kehormatan dalam IKA Unhas masa bakti 2021-2024," katanya di Kendari, Rabu..

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas  menyatakan kesediaan setelah dipercayakan sebagai Ketua Dewan Penasehat IKA Unhas Sultra, dan meminta kepada para pengurus untuk mengaktifkan organisasi, yang potensi cukup besar di jazirah Sultra ini.

"Sebagai lulusan magister Unhas dan juga bagian dari IKA Unhas Provinsi Sultra, tentu sangat mendukung upaya konsolidasi alumni yang ada di provinsi ini, dalam rangka pemberdayaan guna mendukung kegiatan pembangunan di daerah," Kata Wagub Sultra dalam keterangan terpisah.

Mantan Sekda Provinsi Sultra itu, memulai kariernya sejak tahun 1976 di dunia pemerintahan ini berharap, melalui potensi alumni cukup besar yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Sultra, bisa diberdayakan dan dilibatkan pada kegiatan-kegiatan keorganisasian, sehingga dapat menjadi pelopor terhadap ide-ide pembangunan di daerah.

"Dengan demikian, dimana pun alumni berada di wilayah Sultra, komunikasi dengan pengurus tetap terjalin dan dapat melaksanakan fungsinya, seperti memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap fenomena sosial terjadi, terlibat dalam kegiatan sosial, dan alumni bisa memiliki peran dimanapun dia berada," kata Lukman Abunawas yang juga pernah menjadi Bupati Konawe dua periode itu.

  Ketua IKA Unhas Sultra Drs Asrun Lio, M.Hum, PhD (kedua kiri) saat melakukan silaturrahmi dengan Wagub Sultra Dr.H. Lukman Abunawas, SH.MSi (ketiga kiri) sekaligus sebagai Ketua Dewan Kehormatan IKA Unhas periode 2021-2024. (Foto ANTARA/Azis Senong)
Ketua IKA Unhas Provinsi Sultra masa bakti 2021-2024, Drs Asrun Lio MHum PhD menyatakan kesiapannya untuk melakukan konsolidasi, dalam rangka pemberdayaan alumni yang dimulai dengan pendataan kembali jumlah alumni, baik yang datang ke sekretariat maupun mendaftar melalui google form.

"Silaturahim kami ke Wagub Sultra untuk meminta kesediaan beliau menjadi Ketua Dewan Penasetan IKA Unhas Sultra. Alhamdulillah beliau bersedia, sehingga langkah selanjutnya tinggal perampungan penyusunan SK kepengurusan dari IKA Unhas pusat," terang Pembina Kerukunan Keluarga Baubau Buton (KKBB) Provinsi Sultra ini.

Mantan Kepala Sekretariat Rektor UHO ini mengakui, tanggung jawab tersebut merupakan amanah, baik demi untuk almamater maupun daerah Provinsi Sultra, sehingga dalam implementasinya membutuhkan keterlibatan para anggota maupun alumni Unhas di Sultra tanpa terkecuali, yang kini dilakukan melalui konsolidasi pengurus hingga pendataan seluruh alumni Unhas di daerah ini.

 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024