Kendari (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Kota Kendari mengajak  masyarakat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan warga.

"Kita terus mendorong masyarakat semakin sadar dengan PHBS sehingga mampu memutus rantai penyebaran COVID-19," kata Ketua TP PKK Kendari, Sri Lestari Sulkarnain, saat menerima kunjungan Pj. Ketua TP-PKK Prov Sultra, Nur Endang Abbas, di Rumah Jabatan Wali Kota Kendari, Senin.

Sri Lestari juga mengajak seluruh kader agar menjadi contoh dalam penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di lingkungan masing-masing dalam upaya meningkatkan kesehatan keluarga dan masyarakat, terutama di masa pandemi COVID-19.

"Tentu saja hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan imunitas karena perilaku kebiasaan sangat berpengaruh terhadap imunitas tubuh.” ujarnya.

Sri Lestari berharap PHBS di lingkup keluarga selalu menerapkan 10 indikator PHBS sehingga menjadi kebiasaan baik yang ditanamkan sejak anak-anak.

Adapun 10 indikator tersebut yaitu persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan, pemberian ASI eksklusif, menimbang bayi dan balita secara berkala, cuci tangan dengan sabun dan air bersih, menggunakan air bersih, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, konsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik setiap hari, serta tidak merokok di dalam rumah.

Dalam kunjungan Nur Endang Abbas, selaku Pj Ketua TP-PKK Prov Sultra tersebut, juga sekaligus menyerahkan sejumlah bahan dan peralatan kebersihan kepada Ketua TP-PKK Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024