Baubau (ANTARA) - Kapal milik PT Pelni (Persero) yakni KFC Jetliner yang beroperasi melayani sejumlah pelabuhan di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini tengah menjalani perawatan atau "docking" rutin tahunan.

"Terhitung 11 Agustus ini kapal Jetliner sudah merapat di pelabuhan PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Makassar (Sulsel). Diperkirakan KFC Jetliner akan melaksanakan docking sekitar dua pekan," kata Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Juni Samsuddin Sitorus, di Baubau, Rabu.

Ia mengatakan, KFC Jetliner yang beroperasi ke sejumlah pelabuhan di Sultra yakni, Baubau-Wanci (pp) dan Baubau-Raha-Kendari (pp) itu diperkirakan akan melaksanakan docking hingga 24 Agustus mendatang.

"Diharapkan pelaksanaan docking tahunan ini bisa berjalan dengan jadwal yang sudah ada, sehingga kapal bisa secepatnya beroperasi kembali di Baubau," ujarnya.

Selain KFC Jetliner, kata Sitorus, armada Pelni lainnya yang baru selesai melaksanakan perbaikan atau perawatan kapal tahunan tersebut juga yakni KM Doro Londa dan kini telah beroperasi kembali.

Dikatakannya, bahwa seluruh armada milik PT Pelni diwajibkan melaksanakan docking tahunan sebagai persyaratan yang telah ada diatur demi kenyamanan dan keselamatan pelayaran dalam melayani pengguna transportasi laut tersebut.

"Pelni memastikan seluruh kapal wajib melaksanakan docking tahunan karena telah ada aturan. Ini tentunya juga untuk keselamatan dan kenyamanan dalam pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Sejumlah kapal PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni yang berlayar ke pelabuhan Murhum Kota Baubau di antaranya KM Dobonsolo, KM Doro Londa, KM Ciremai, KM Tidar, KM Sinabung, KM Lambelu, KM Leuser, KM Ngapulu, KM Tilongkabila, KM Sirimau, dan KFC Jetliner.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024