Baubau (ANTARA) - Sekretaris daerah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Roni Muhtar, menyebutkan pentingnya persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Roni mengatakan seluruh elemen masyarakat harus mampu memahami betapa pentingnya hal itu, karena tanpa adanya persatuan dan kesatuan apa yang menjadi tema HUT Ke-76 RI tersebut, mustahil dapat terwujud.

"Jadi tema HUT Ke-76 RI tahun 2021 ini adalah 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh', artinya adalah kita berharap di masa-masa yang akan datang proses untuk mengupayakan Indonesia seperti yang dimaksudkan dalam tema itu bisa kita wujudkan," ujar Sekda Roni usai mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih, dalam rangka HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Baubau, di Lapangan Lembah Hijau daerah itu, Selasa.

Ditambahkan, untuk mewujudkan makna yang terkandung dalam tema HUT Ke-76 RI tersebut, harus dibarengi dengan semangat yang tinggi dan berupaya secara maksimal untuk melakukan yang terbaik untuk negeri yang tercinta, juga harus menjaga persatuan dan kesatuan.

"Karena tidak akan mungkin kita bisa melakukan segala upaya besar sebagaimana yang termaktub dalam tema HUT RI yang ke-76 ini kalau kita tidak bisa menyatukan seluruh komponen bangsa dan seluruh potensi yang kita miliki untuk menjadi
suatu kekuatan besar untuk menjadikan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh," tutunya.
  Sekda Kota Baubau, Roni Muhtar menjadi inspektur upacara pada perigatan HUT kemerdekaan ke-76 RI tingkat daerah itu, Selasa. ANTARA/Yusran

Roni Muhtar berharap, masyarakat daerah itu dapat menjadikan tema tersebut sebagai spirit untuk menjadi masyarakat yang tangguh dengan landasan persatuan dan kesatuan.

Ia juga berharap agar apa yang telah menjadi program pemerintah Kota Baubau dapat tumbuh sebagai mana mestinya.

"Hal ini juga sebagaimana telah dijelaskan dalam RPJMD kita yaitu Baubau menjadi sebuah kota yang Maju, masyarakatnya Sejahtera, dan Berbudaya. Tentu semui ini disemangati oleh nilai-nilai luhur budaya dalam hal ini PO-5, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, walaupun upacara pengibaran bendera merah putih tersebut diselenggarakan dengan sederhana, namun berjalan dengan penuh khidmat, juga seluruh rangkaian acara tidak terlepas dari aturan protokol kesehatan.

"Kita dapat saksikan bersama semua rangkaian kegiatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI ini berjalan dengan lancar dan penuh hikmat. Dan saya kira kita semua harus menyadari bahwa sudah saatnya kita berbuat yang terbaik untuk negeri kita Indonesia dan lebih khusus adalah bagi daerah yang kita cintai ini," ujarnya.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024