Kendari (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari melaksanakan serbuan vaksinasi COVID-19 sekaligus dengan membagikan sembako khususnya bagi masyarakat pesisir wilayah binaan di Desa Ranooha Raya, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Komandan Lanal Kendari.Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia di Konsel, Sabtu, mengatakan, dalam mendukung program pemerintah khususnya vaksinasi untuk memutus penyebaran COVID-19 pihaknya membangun kerja sama dengan Dinas Kesehatan Sultra, hingga di kabupaten/kota serta pihak terkait lainnya menggelar vaksinasi gratis.

"Serbuan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat maritim ini untuk menyukseskan program vaksinasi pemerintah sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 yang saat ini melonjak," kata dia.

Ia menyampaikan, pihaknya teguh mendukung program vaksinasi pemerintah. Sejumlah titik dijadikan tempat menggelar vaksinasi di antaranya Mako Lanal Kendari, Pelabuhan Perikanan dan Pelabuhan Penyeberangan Kendari-Wawonii (Kabupaten Konawe Kepulauan).

Andike mengaku bangga, masyarakat Sultra antusias mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan Lanal Kendari. Hal ini menunjukkan adanya kesadaran yang baik dari masyarakat untuk mau menjaga kesehatan dan meningkatkan imun tubuh di masa pandemi COVID-19.

Setelah pemberian vaksin kepada peserta, Lanal Kendari juga memberikan bingkisan sembako kepada masyarakat guna menarik minat masyarakat agar mau berpartisipasi melakukan vaksinasi.

“Tentunya ini dilakukan, selain untuk menarik minat masyarakat agar mau divaksin, juga sebagai bentuk kepedulian Lanal Kendari kepada masyarakat di daerah pesisir,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya sejak 24 Juni lalu hingga hari ini, panitia vaksinasi Lanal Kendari tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Termasuk pengelompokan peserta secara tertib agar tidak terjadi kerumunan saat pelaksanaan vaksinasi.

“Diharapkan setelah menerima vaksin, masyarakat tetap jalankan protokol kesehatan 5M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,” harapnya.
  Lanal Kendari gelar serbuan vaksinasi disertakan pembagian sembako, Sabtu (3/7/2021). (ANTARA/HO-Lanal Kendari)


Diketahui sampai hari ini, kurang lebih seribu masyarakat telah mengikuti serbuan vaksinasi yang dilakukan oleh Lanal Kendari. Dirinya menekankan, perlu lebih banyak lagi masyarat yang sadar dan mau menerima vaksin COVID-19, sebab vaksin ini sudah teruji aman dan halal.

“Jangan percaya dengan informasi yang mengatakan vaksin ini berbahaya, itu hoaks. Mari bersama kita sukseskan program vaksinasi demi masyarakat sehat dan ekonomi pulih,” pungkasnya.

Kepala Desa Ranooha Raya Marhalim berterima kasih sekaligus mengapresiasi kegiatan serbuan vaksinasi Lanal Kendari sebab pentingnya vaksinasi sebagai upaya menangkal masuknya COVID-19 di dalam tubuh.

“Tentulah sebagai pemerintah desa sangat banyak berterimakasih kepada Lanal Kendari karena jauh-jauh mau membina kami. Alhamdulillah pendekatan-pendekatan Lanal ke kami, masyarakat juga sudah sadar bahwa penting sekali adanya vaksin ini,” pungkasnya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024