Kendari (ANTARA) - Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengagendakan pelaksanaan kejuaraan nasional (Kejunas) sepeda Indonesia Triathlon Series (ITS) pada akhir Mei 2021 di Kota Kendari.

Ketua ISSI Sultra Sulkarnain Kadir di Kendari, Rabu, mengatakan kejuaraan sepeda level nasional itu rencananya akan dilaksanakan pada 29-30 Mei mendatang.

"Nantinya ini bisa juga menjadi ajang promosi seluruh potensi yang ada di Kota Kendari maupun Sultra," kata dia.

Meskipun demikian, Wali Kota Kendari ini mengaku saat ini pihaknya tengah berjuang untuk bisa meyakinkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno terkait penyelenggaraan ITS karena masih dalam masa pandemi COVID-19.

"Soal pelaksanaannya, kita masih berjuang untuk meyakinkan Menparekraf RI Sandiaga Uno. Apalagi dalam kondisi COVID-19. Tapi kita pastikan pelaksanaan tetap mengacu pada protokol kesehatan sesuai aturan Satgas Percepatan Penanganan Wabah COVID-19 yaitu membatasi jumlah peserta," tutur dia.

Ia menyampaikan karena peserta dibatasi, maka kemungkinan hanya berjumlah 75 orang, terbagi atas 50 orang dari luar daerah dan sisanya untuk peserta lokal. Berbeda di tahun sebelum adanya wabah COVID-19 peserta ITS bisa mencapai 500 sampai 1000 orang.

"Sukses Kota Kendari sebagai tuan rumah ITS tahun ini tak lepas dari suport Gubernur Ali Mazi dan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra Agista Ariany Ali Mazi. Oleh karena itu, kami berkomitmen menjadi tuan rumah yang baik agar bisa masuk dalam kalender event nasional,” katanya.

Pendaftaran event Kendari Triathlon sudah dibuka sejak 9 Mei 2021. Bagi warga yang ingin mengikuti lomba dapat mendaftar secara daring melalui www.triathlonseries.id.

Adapun penyelenggaraan Kendari Triathlon 2021 akan berlangsung di sepanjang Kendari Beach dengan tiga komponen perlombaan yakni renang sejauh 750m, sepeda 20km dan lari sejauh 5km.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024