Kolaka (ANTARA) -  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sembilanbelas November Kolaka, Sultra, melakukan kerja sama dengan beberapa desa  melalui program "FISIP USN Kolaka Bangun Desa". 

Dekan Fisip, Nursamsir, Kamis, mengatakan program ini sebagai wujud dari kegiatan pengabdian masyarakat dan sekaligus untuk mendekatkan  USN dengan masyarakat. 

"Bentuk kedekatan itu, kita aplikasikan melalui pengabdian masyarakat, agar masyarakat khusus di Kabupaten Kolaka bisa merasakan dampak positif dari kehadiran USN ," katanya usai melakukan penandatangan Momerandum Of Understanding  (MoU) antara FISIP USN Kolaka dengan Pemerintah Desa Tambea Kecamatan Pomalaa. 

Menurutnya kerja sama FISIP USN ini merupakan kerja sama yang kedua karena sebelumnya dengan Pemerintah Desa Polewai  Kecamatan Tanggetada dan program ini tetap akan dilanjutkan ke desa lainnya.

Nursamsir juga mengajak masyarakat untuk menjadikan USN khususnya FISIP dengan program studi administrasi publik, manajemen, akuntansi dan ekonomi pembangunan sebagai pilihan untuk melanjutkan studi di tingkat universitas.

Sementara Wakil Dekan 1 FISIP USN Kolaka, Dr. Abdul Sabaruddin,menambahkan beberapa program yang akan dilakukan dalam  kerja sama dengan pemerintah desa adalah program pengembangan kapasitas aparat desa, pengembangan potensi desa dan UMKM. 

"USN Kolaka khususnya FISIP akan hadir dan bersama masyarakat membangun desa. Sehingga, desa ke depannya bisa mengelola sumber daya yang dimilikinya," jelasnya.

Sementara Kepala Desa Tambea, Muslipang Nawir memberikan apresiasi  kepada USN khusus FISIP yang telah memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya aparat desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

"Saya sangat berterima kasih adanya kerjasama ini. Dan semoga kerjasama ini dapat membantu pengembangan  desa kami yang saat ini kami sedang melakukan pembenahan salah satunya di sektor pariwisata dan UMKM," katanya. 

Kegiatan penandatangan kerja sama antara FISIP USN Kolaka dengan Pemerintah Desa Tambea Kecamatan Pomalaa dihadiri aparat desa dan masyarakat Tambea, Ketua Program Studi Administrasi Publik, Arafat,dosen lingkup program studi Administrasi Publik dan pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Administrasi Publik.

Pada kegiatan yang bertemakan "Peningkatan Kapasitas Aparat Desa dan Pengembangan UMKM (Wirausaha Mandiri" menghadirkan pembicara Dr. Abdul Sabaruddin, S. Sos., M. Si dengan materi Pelayanan Prima dan Pihak Bank Mandiri dengan tema Pengembangan UMKM. 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024