Kendari (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong Pemerintah Kota Kendari membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) guna peningkatan inklusi dan literasi keuangan di daerah tersebut.

Kepala OJK Sultra Mohammad Fredly Nasution di Kendari, Kamis mengatakan hal tersebut penting dilakukan dalam rangka mendorong perluasan ketersediaan dan pemanfaatan akses keuangan formal kepada masyarakat.

"TPAKD bertujuan untuk kesejahteraan dan pemerataan ekonomi sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia untuk meningkatkan inklusi keuangan 90 persen dan literasi keuangan 50 persen pada tahun 2024," kata Fredly.

Menurutnya, Kota Kendari memiliki program-program unggulan yang dapat memberikan kontribusi terhadap percepatan akses keuangan daerah.

Oleh karena itu, pihaknya melakukan pertemuan terbatas bersama Pemkot Kendari dengan membahas dasar pembentukkan, isu strategis, program serta persiapan yang perlu dilakukan oleh pemerintah kota dalam rangka realisasi pembentukkan TPAKD kota Kendari.

Dikatakannya, isu strategis yang menjadi perhatian TPAKD saat ini di antaranya literasi keuangan yang masih rendah, keterbatasan jumlah titik akses layanan keuangan, dukungan dan komitmen dari pemimpin daerah, keberlanjutan TPAKD ketidaksesuaian produk dan layanan keuangan, serta infrastruktur.

"Pada tahun 2021-2022 program tematik TPAKD berada pada akselerasi pembukaan rekening dan/atau pembiayaan yang mudah, cepat, berbiaya rendah antara lain melalui digitalisasi produk atau layanan keuangan hingga akselerasi pemanfaatan produk atau layanan keuangan digital," ujarnya.

Kata dia, saat ini berdasarkan data per Desember 2020, secara nasional jumlah TPAKD yang telah terbentuk 244 TPAKD yang terdiri dari 32 TPAKD provinsi dan 192 TPAKD kota.

Wakil Wali Kota Kendari Siska Karina Imran menyampaikan menyambut baik rencana yang diusulkan oleh OJK Sultra untuk pemerintah kota dalam mendorong peningkatan inklusi dan literasi keuangan di kota itu.

"Karena sejalan dengan tujuan pemerintah Kota Kendari untuk memberikan kesejahteraan ekonomi kepada masyarakat di kota ini, yang salah satunya dapat terwujud melalui percepatan akses keuangan kepada masyarakat," katanya.

Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen Ridhony MH Hutasoit yang turut memberikan pemaparan menyampaikan, langkah awal yang dapat dilakukan oleh pemerintah kota dalam waktu dekat adalah merampungkan SK pembentukkan TPAKD Kota Kendari.

"Ini untuk membentuk struktur organisasi dan selanjutnya merancang langkah kerja dan program program unggulan," katanya.


Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024