Kendari (ANTARA) - Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan stok pangan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2021 tercukupi.

Kepala Disperindagkop Kendari Muhammad Syaiful di Kendari, Senin, mengatakan pihaknya telah melakukan sidak di berbagai pasar di kota itu termasuk memastikan semua distributor telah menyediakan pangan guna memastikan stok tetap aman.

"Jelang Ramadhan, tim kami sudah mengantisipasi dengan mendatanggi seluruh distributor bahan pokok makanan di semua lokasi. Alhamdulillah setiap dua Minggu ada bahan pokok masuk. Jadi semua stok yang ada digudang dalam kondisi aman," katanya.

Ia menyampaikan, fokus pengawasan pihaknya yakni ketersediaan stok pangan seperti terigu, mentega, beras, gula, telur, dan bahan pokok lainya guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kekurangan stok di tengah konsusmsi bahan pokok bulan Ramadhan yang tinggi.

Selain itu, Syaiful, menjelaskan terkait bahan pokok cabai saat ini juga masih terpantau terkendali. Meskipun harganya mengalami kenaikan sedikit mencapai Rp80 ribu per kg, dari harga sebelumnya mencapai 70 per kg.

"Di Jawa itu kenaikanya sangat tinggi, bahkan di Sulawesi Selatan (Sulsel) naik 30 persen. Tapi kita di Kendari berdasarkan hasil sampel di beberapa pasar tradisional, masih relatif aman dan terkendali. Cabai kita ada dari Konawe Selatan  dan Konawe," jelas Sayful.

Meski dijamin aman, pihaknya tetap akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait, guna menjaga stok hingga lonjakan harga yang bisa terjadi kapanpun.

"Misalnya soal beras, maka kami langsung informasikan ke Bulog, Tapi biasanya pengalaman tahun lalu, jelang Ramadhan, yang paling kita jaga stoknya adalah telur, terigu kompas dan segitiga biru, karena ibu-ibu suka bikin kue. Tapi intinya stok saat ini masih aman," kata Syaiful.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024