Makassar (ANTARA) - Dirut PT IKI Sulsel Diana Rosa mengatakan pembuatan kapal Rooll Of Rooll (Roro) KPM Kaledupa Tomia, Wakatobi pesanan Kementerian Perhubungan telah mencapai 30 persen.

Diana Rosa di Makassar, Rabu, mengatakan akan berupaya lebih keras agar pembuatan kapal tersebut bisa cepat rampung dari yang ditargetkan pada Desember 2021.

"Kami tengah fokus mengerjakan kapal KPM Tomia, Wakatobi. Sesuai kontrak sampai Desember 2021, Insyaallah kami percepat penyelesaiannya (dari masa kontrak)," lanjut dia.

Ia menjelaskan, kapal tersebut memiliki jenis yang sama dengan kapal Roro KPM Takabonerate Selayar yang sudah diserahterimakan dan berlayar perdana pada 4 November 2020.

Kapal ini diharapkan bisa segera beroperasi dan memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah tersebut. Kehadiran kapal ini tidak hanya untuk penumpang namun juga mempermudah pendistribusian barang kebutuhan masyarakat pulau.

"Jadi sekarang masih terus berproses (penyelesaian kapal). Kami akan berupaya agar bisa selesai lebih cepat," ujarnya.

Selain KPM Tomia Wakatobi, PT IKI juga tengah merencanakan pembuatan 20 kapal fiber bagi nelayan di Kepulauan Selayar pada tahun ini.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024