Kendari (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara menyebutkan tiga pohon tumbang akibat cuaca ekstrem yang ditandai dengan angin kencang dan hujan deras melanda daerah setempat dalam beberapa hari terakhir.

"Pohon tumbang itu terjadi di sekitar simpang Wajo menuju keraton, dekat rumah sakit lama dan sekitaran kantor Satpol PP," Ujar Kepala BPBD Baubau La Ode Muslimin Hibali melalaui pesan WhatsApp yang diterima di Kendari, Senin.

Pihaknya meminta warga, terutama pengendara kendaraan tidak melanjutkan perjalanan bila terjadi angin kencang.

Sebab, kata dia, sampai saat ini masih banyak pohon rimbun yang berada di pinggir-pinggir jalan.

Ia mengatakan cuaca ekstrem berupa angin kencang juga mulai merusak jembatan di tempat pelelangan ikan. Tempat tersebut dihantam gelombang laut.

Kerusakan lebih parah, kata dia, perlu diantisipasi secepatnya

"Termasuk dampak hantaman ombak di Kelurahan Sulaa yang beberapa tahun lalu membuat tanggul di lokasi itu jebol sehingga kini mengancam badan jalan," katanya.

Khusus kerusakan tanggul di Kelurahan Sulaa, kata dia, Pemprov Sultra sudah mengalokasikan anggaran untuk membuat penahan ombak pada tahun ini.

"Dengan fenomena angin kencang yang melanda sewaktu-waktu diikuti dengan gelombang laut, kami mengimbau warga untuk menjauhi bibir pantai," kata dia.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024