Kendari (ANTARA) - Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Minaula Kendari, Sulawesi Tenggara melakukan respon kedaruratan dan penyerahan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (ATENSI LU) bagi masyarakat khususnya lansia terdampak bencana alam banjir di Kabupaten Halmahera Utara dan Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

Rilis Loka Minaula Kendari yang diterima, di Kendari, Jumat, menyebutkan Kementerian Sosial mengirimkan Tim Respon Kedaruratan untuk membantu lansia terdampak bencana banjir melalui Loka Minaula Kendari. Tim dipimpin langsung Kepala Loka Lansia Minaula Kendari dan didukung oleh penyuluh sosial dan perawat.

Kepala Loka Minaula Kendari Syamsuddin mengatakan timnya diturunkan untuk mendirikan shelter (tenda pengungsian) bagi para lansia, melakukan dukungan psikososial, pemeriksaan kesehatan, edukasi protokol kesehatan COVID-19, pembagian masker dan vitamin.

"Serta penyerahan bantuan ATENSI LU masyarakat terhadap lansia terdampak bencana, baik lansia yang datang ke shelter atau tim yang mendatangi lansia yang tersebar di berbagai tempat pengungsian," kata Syamsuddin.

Ia menyampaikan, tempat pengungsian tersebar di beberapa titik, di antaranya di Desa Duma Kecamatan Galela Barat Kabupaten Halmahera Utara dan Desa Sidangoli Kecamatan Jailolo Selatan Kabupaten Halmahera Barat yang merupakan wilayah terdampak banjir paling parah.

"Lansia merupakan salah satu dari beberapa kelompok rentan pada saat terjadi bencana. Maka dari itu mereka adalah prioritas utama yang harus diberikan pertolongan," ujar dia.

Kata Syamsuddin, pihaknya sebagai UPT Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia dengan jangkauan wilayah di delapan provinsi, salah satunya di Provinsi Maluku Utara.

Tim diturunkan dalam rangka memberikan layanan dukungan psikososial dan pemeriksaan kesehatan bagi lansia yang terdampak dan kami berharap dukungan ini dapat menguatkan dan mengembalikan semangat hidup para lansia," jelas Syamsuddin.


  Tim Loka Minaula Kendari saat memeriksa kesehatan Lansia korban terdampak banjir di Provinsi Maluku Utara. (ANTARA/HO-LRSLU Minaula Kendari)



Tim Loka Minaula Kendari bersama pendamping Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Provinsi Maluku Utara beserta LKSLU Dina Santo Yoseph Pusaka 10 Maluku Utara dan LKSLU Rako Moi Pusaka 1 Maluku Utara melakukan pendataan dan asesmen kebutuhan, serta menyalurkan bantuan dasar terhadap lansia terdampak bencana banjir di dua kabupaten tersebut.

Ketua LKSLU Dina Santo Yoseph Pusaka 10 Maluku Utara Kresensia berterima kasih kepada Tim Respon Kedaruratan Loka Lansia Minaula Kendari karena datang langsung memberikan bantuan ATENSI LU di Desa Duma Kecamatan Galela Barat Kabupaten Halmahera Utara.

"Bantuan ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan terutama lansia yang terdampak bencana banjir," katanya.

F salah seorang lansia di Desa Duma yang menjadi korban banjir mengaku sempat terseret arus hingga beberapa puluh, ia mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan Loka Minaula Kendari selama menjadi pengungsi.

Seperti diketahui bencana banjir yang merendam beberapa wilayah di Kabupaten Halmahera Utara dan Halmahera Barat disebabkan curah hujan yang tinggi dan panjang pada tanggal 16 Januari 2021 lalu.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024