Kendari (ANTARA) - Hujan gerimis yang turun sejak Rabu dini hari mewarnai hari pemungutan suara pada Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Meski gerimis tidak mengurangi semangat bagi warga untuk menyalurkan hak suaranya pada Pilkada tahun 2020 di sejumlah Tempat Pemungutan suara (TPS) di wilayah itu.

Pantauan Antara di Desa Pousu Jaya Kecamatan Konda, Konawe Selatan, Rabu, nampak warga mendatangi TPS-TPS  sejak pukul 07.30 Wita dengan membawa Surat Pemberitahuan Pemungutan suara kepada Pemilih dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak sebelum memasuki bilik suara yang disediakan.

Sebelum memperlihatkan surat pemberitahuan kepada petugas KPPS, terlebih dahulu melakukan cuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh dari petugas ketertiban yang mengatur setiap pemilih datang ke TPS.

KPPS Desa Pousu Jaya, Karlan mengatakan, warga yang datang memberikan hak suaranya diatur dalam beberapa tahap, di mana tahap pertama pukul 07.00 hingga 08.00 Wita kemudian pukul 09.00 hingga 10.00 dan 11.00 hingga 12.00 Wita. Sementara di atas jam 12.00 hingga ditutupnya pemilihan suara pada 13.00 Wita adalah warga yang tidak mendapat surat pemberitahuan namun membawa KTP karena tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan.

Di TPS lain seperti TPS 01 Desa Kota Bangun Kecamatan Ranomeeto, warga juga sejak pagi datang menyalurkan hak suaranya, meskipun pagi hari diguyur hujan deras dan angin kencang, sehingga beberapa TPS basah karena tampias hujan.

  Suasana Pemugutan suara di salah satu TPS di Kcamatan Konda dan Kecamatan Ranom eeto Kabupaten Konawe Selatan. (foto Antara/Azis Senong)
Petugas di TPS, selain menyediakan bilik bagi pemilih yang datang dalam jumlah besar, juga menyediakan bilik khusus bagi warga yang bila ada penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus,

Hal senada yang terjadi di TPS 01 Desa Kota Bangun Kecamatan Ranomeeto, warga dengan santai mendatangi TPS sesuai dengan jadwal panggilan untuk menyalurkan hak suaranya kepada tiga pasang calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang bertarung di Konawe Selatan periode 2020-2025   .

Tiga paslon yang bertarung dalam Pilkada di Konawe Selatan dengan memperebutan 203.889 wajib pemilih di 25 kecamatan  dan 352 Desa/kelurahan pada 632 TPS di Konsel  adalah Pasangan nomor urut 01 Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae, Paslon nomor urut 02 Surunuddin Dangga-Rasyid dan paslon nomor 03 Muhammad Endang dan Wahyu Imran.

Hingga berita ini diturunkan proses pemungutan suara di Wilayah kabupaten Konsel secara keseluruhan terpantau lancar dan aman.




 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024