Kendari (ANTARA) - Badan kependudukan Keluarga Berencana nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar kegiatan peningkatan kompetensi teknis pengelola data dan informasi bagi pengelola data dan informasi program Bangga Kencana Tahun 2020.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka oleh Plh. Kepala BKKBN Sultra, Mustakim, dihadiri Koordinator Bidang Adpin BKKBN Sultra, Agus Salim pada salah satu hotel di Kendari, Senin.

"Pertemuan ini sangat penting dalam upaya melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Statistik Rutin, Sistem Informasi Keluarga (SIGA) dan untuk meningkatkan Pengetahuan pengelola Pencatatan dan Pelaporan Kab/Kota dalam rangka mempersiapkan diri untuk New SIGA dan terutama persiapan dalam Pendataan Keluarga 2021 (PK21)," kata Mustaqim.

Melalui pertemuan kata Mustaqim, diharapkan para Pejabat dan para pengelola data dan informasi dapat menambah pengetahuan, mengetahui permasalahan yang terjadi, mengevaluasi serta menemukan pemecahannya untuk pelaksanaan Pencatatan dan Pelaporan.

"Sehingga Data dan informasi yang dihasilkan nantinya dapat dimanfaatkan sebagai dasar perencanaan, peta kerja dan pengukuran kinerja pada setiap tingkatan wilayah Program Bangga Kencana," katanya.

Mustakim menyampaikan beberapa hal penting dalam kegiatan itu diantaranya bersama-sama dengan stakeholder dan Mitra Kerja Terkait untuk meningkatkan Cakupan Laporan setiap bulanya baik laporan Pelkon dari Faskes/Klinik KB, Dokter Bidan Praktek Mandiri dan Laporan Dallap dari Kecamatan dan Desa.

Kemudian melakukan pencatatan setiap data program BANGGA KENCANA sesuai hasil yang dicapai dan laporkan tepat waktu sesuai pedoman serta terus melakukan Verifikasi dan Analisa pada saat menerima dan melaporkan Hasil Capaian dan  berdayakan pengelola KB (PKB/PLKB, Kader) di setiap lini lapangan dengan dibekali kompetensi  yang baik dalam pencatatan dan pelaporan.

Ketua panitia, Alief Imran Saputra, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Kualitas Pencatatan dan pelaporan yang cepat, tepat dan akurat untuk mempercepat pencapaian sasaran Program Bangga Kencana.

Secara Khusus kegiatan ini bertujuan tersedianya data dan informasi yang dapat diakses setiap saat serta dapat di-update secara realtime, meningkatkan cakupan laporan pelayanan kontrasepsi dan pengendalian lapangan.

Kemudian, terselenggaranya Pencatatan dan pelaporan yang terintegrasi dengan memanfaatkan TIK oleh seluruh pemangku kepentingan di tingkat Provinsi, Kab./Kota sampai lini lapangan, mengupdate informasi tentang penginputan data pada aplikasi statistik rutin dan Sistem Informasi Keluarga dan Pendataan Keluarga 2021, Persiapan Pelaksanaan Pendataan Keluarga Th 2021 (PK21) dan New SIGA.
 


Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024