Kendari (ANTARA) - Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengukuhkan Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir sebagai “Ayah Generasi Berencana (GenRe) Kendari. 

Penobatan Sulkarnain Kadir sebagai "Ayah Genre" dilakukan oleh Deputi Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) BKKBN RI, Dr dr Muhammad Yani, yang dirangkaikan dengan pengukuhan Forum Genre Kota Kendari dan peluncuran program 4G, di Kendari, Jumat.

Sulkarnain mengaku bangga dan mengapresiasi BKKBN atas penghargaan dan kepercayaan itu yang diberikan.

Ia mengaku, adanya Forum GenRe ini maka saya optimis bahwa Generasi Muda Kota Kendari akan menjadi generasi yang kreatif dan inovatif serta generasi yang siap menyongsong masa depan sebagai Duta GenRe.

"Semoga anak-anakku sekalian Pengurus Forum Genre Kota Kendari bisa berkreasi di tengah masyarakat dan membawa keberkahan untuk Generasi Kota Kendari. Dengan harapan Forum GenRe ini bisa dikenal oleh masyarakat, apa saja dedikasinya pada masyarakat dan remaja di Kota Kendari melalui perencanaan keluarga dan life skill," kata Sulkarnain.

Ia berharap, pengurus Forum GenRe Kota Kendari untuk terus berkarya serta dapat menjadi Center Off Excellence terutama bagi perubahan remaja di Kota Kendari 

"Saya selaku Pemerintah Kota Kendari juga berharap kepada orang tua dan tenaga pendidik untuk memperhatikan dan peduli terhadap anak-anaknya," katanya.

Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Asmar, mengatakan pengukuhan Sulkarnain Kadir sebagai "Ayah Genre" tersebut diberikan bukan hanya kapasitasnya sebagai kepala daerah, tapi sebagai tokoh masyarakat yang menjadi motivator bagi generasi muda.

"Sebagai kepala keluarga, beliau juga menjadi panutan dalam mengantarkan keluarganya menjadi lebih baik," katanya.

Sementara itu, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) BKKBN RI, Muhammad Yani, dalam kesempatan itu, meminta pengurus Forum Genre Kota Kendari untuk aktif mengajak para generasi muda pada komunitas tertentu untuk bergabung dengan Forum Genre. 

"Genre diharapkan tidak hanya jadi inspirasi bagi remaja pada komunitas yang sehat, tapi bagai mana mengajak Komunitas tertentu seperti anak jalanan geng motor untuk terlibat dalam Forum Genre, kalau itu dilakukan, itu baru keren," tegasnya.
 
Ketua panitia kegiatan, Kepala Dinas Dalduk dan KB Kendari, Hasria, mengatakan tujuan kegiatan itu merangkul generasi muda atau kaum milenial dalam suatu wadah agar lebih terlibat dalam program Bangga Kencana khususnya dalam mensosialisasikan triad KRR. 

"Dan untuk untuk lebih mengaktifkan pusat konseling remaja yang ada di Kota Kendari sehingga lebih kreatif dan bisa berinovasi seiring perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat," katanya.

Sedangkan peserta kegiatan itu sebanyak 200 orang terdiri  dari guru-guru pembina dan pengurus Pusat Informasi dan Konseling PIK-Remaja se Kota Kendari dan dari duta-duta Genre se Sultra.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024