Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan keberadaan pandemi COVID-19 tidak boleh melunturkan semangat untuk memperingati Hari Oeang RI ke-74 yang telah dilakukan sejak 1946.

“Suasana COVID-19 yang kita semua tidak rencanakan telah mempengaruhi seluruh elemen dan dimensi bangsa negara. Tekad dan semangat merayakan Hari Oeang RI dan hari lahir Kemenkeu tidak boleh luntur,” katanya di Jakarta, Jumat.

Sri Mulyani menuturkan dalam peringatan Hari Oeang tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena tetap harus sejalan dengan krisis pandemi COVID-19 yang sedang dialami oleh Indonesia dan dunia.



Oleh sebab itu, Kemenkeu memutuskan untuk memilih tema ‘Adaptif, Responsif, dan Peduli tangani COVID-19’ sehingga kegiatan yang diadakan dalam peringatan ini berhubungan dengan kesehatan dan edukasi.

“Harus adaptif, responsif dan peduli untuk menangani COVID-19 untuk dorong kebangkitan RI,” ujarnya.

Sri Mulyani menyebutkan peringatan yang dilakukan selama satu bulan penuh pada Oktober akan diisi dengan berbagai aktivitas seperti bakti sosial, hiburan, olahraga, kesenian, dan kreativitas terkait desain.



Tak hanya itu, Kemenkeu juga melakukan kegiatan sosial lainnya seperti donor darah, memberikan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan, hingga menggencarkan sosialisasi pembelian produk UMKM dalam negeri.

“Kita adaptif, responsif dan peduli sehingga banyak teman-teman yang tetap melakukan kegiatan sosial,“ tegasnya.

Pewarta : Astrid Faidlatul Habibah
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024