Kendari (ANTARA) - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan merealisasikan pembangunan infrastruktur transportasi strategis di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kadis Perhubungan Sultra Hado Hasina di Kendari, Kamis mengatakan proyek penunjang jasa transportasi tersebut adalah terminal tipe A Puuwatu di Kota Kendari, pelabuhan penyeberangan Kaledupa, Tomia dan Binongko di Kabupaten Wakatobi.

Satu lagi adalah sarana pelabuhan penyeberangan Pulau Kadatua - Pulau Siompu di Kabupaten Buton Selatan.

"Peresmian dimulainya pembangunan tersebut akan dirangkaikan perayaan Hari Perhubungan Nasional 20 September 2020. Ini kado Hari Perhubungan Nssional untuk Sulawesi Tenggara," kata Hado.

Pembangunan infrastruktur transportasi secara umum untuk menunjang pengembangan destinasi kepariwisataan nasional di Sultra.

Pelabuhan penyeberangan Amolengo -Labuan, salah satu urat nadi jasa transportasi strategis di Sulawesi Tenggara (Foto: ANTARA/sarjono)

Program pembangunan sarana transportasi prestisius tersebut terwujud berkat sinergitas pemerintah daerah dalam hal Gubernur Sultra, Dirjen Perhubungan Darat, Dirjen Perhubungan Laut (Kemenhub), Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridawan Bae serta Forkopimda setempat.

"Kita segera melaksanakan percepatan pembangunan sarana prasarana transportasi untuk pelayanan publik yang baik. Diproyeksi pembangunan rampung pertengahan 2021," kata Hado.

Penyelenggaraan pembangunan infrastruktur transportasi sektor darat dan laut sejalan dengan strategi pembangunan kepemimpinan Gubernur Sultra Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abuawas, yakni Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan dan Lautan (Garbarata).


Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024