Rumbia (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Workshop dan Penyiapan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja melalui penguatan peran Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja dan Bina Keluarga Remaja (BKR) di  Kabupaten Bombana, Jumat.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Bombana, Tafdil, dihadiri Kepala BKKBN Sultra, Asmar dan Anggota DPD RI, Andi Nirwana selaku ketua PKK Bombana beserta jajaran Forkopinda.

Bupati Bombana, Tafdil, mengatakan pemerintah Kabupaten Bombana sangat mendukung sepenuhnya pelaksanaan program Bangga Kencana di daerah itu.

"Ini merupakan tugas pemerintah dalam  mencerdaskan SDM masyarakat Bombana, sehingga saya harapkan dibangun kerja sama dengan mitra terkait, bagi para remaja saya harapkan agar terus berkarya untuk membangun Kabupaten Bombana," katanya.

Kegiatan ini dalam rangka memberikan akses informasi kepada PIK remaja, Poktan BKR, serta mewujudkan lansia yang memenuhi syarat 7 dimensi lansia.

Sementara itu, Kepala BKKBN Sultra, Asmar,mengatakan kegiatan yang masuk dalam program Bangga Kencana terkait kehidupan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja  dengan menerapkan TRIAD KRR yang merupakan tiga resiko yang akan dihadapi oleh remaja, yaitu Seksualitas (sex pranikah), HIV/ AIDS dan Napza (penyalahgunaan obat-obatan terlarang) Kesehatan Reproduksi Remaja.

"Selanjutnya bagi lansia, kita berharap agar selalu menjadi lansia yang sehat dan kuat, dengan cara kita meningkatkan kualitas hidup para lansia (lanjut usia) melalui program Bina Keluarga Lansia." pungkasnya.


 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024