Kendari (ANTARA) - Personel TNI-Polri menyalurkan bantuan paket sembako pada warga Suku Bajo di pesisir Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara, guna meringankan beban ekonomi warga itu di tengah pandemik wabah virus corona jenis baru (COVID-19).

Bantuan yang disalurkan tersebut sebanyak 300 paket kepada 300 Kepala Keluarga (KK) kurang mampu di lima desa di kecamatan tersebut, salah satunya di Desa Bojo Mekar.

Bantuan yang disalurkan itu berasal dari swadaya karyawan PT Askrindo Cabang Kendari dan PT GMM. Isi paket sembako itu berupa beras, susu, minyak goreng, gula pasir dan indomie. Bantuan sembako ini juga diberikan untuk memenuhi kebutuhan warga setempat menjelang bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah.

Komandan Kodim 1417/Kendari, Kolonel Inf Alamsyah yang terlibat langsung dalam kegiatan itu mengatakan pihaknya menurunkan sebanyak 150 personel untuk membantu penyaluran kegiatan amal itu. Alamsyah terlihat menggunakan sampan mendayung dari satu rumah ke rumah lainnya membawakan sembako bagi warga kurang mampu.

"Sasaran utamanya warga nelayan yang sehari-harinya menggantungkan hidup dari melaut. Kami melihat ini, sebagai salah satu cara agar warga terdampak COVID-19 bisa menghadapi Ramadhan dengan kelengkapan sembako yang cukup," kata Alamsyah, melalui rilis Forum Lintas Media Sultra, yang di terima di Kendari, Senin. Dandim 1417/Kendari, Kolonel Inf Alamsyah saat menyalurkan bantuan paket sembako pada warga kurang mampu di daerah pesisir Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sultra, Senin (20/4/2020). (ANTARA Foto/Jojon)

Kepala Cabang PT Askrindo Kendari Syahruddin mengatakan bantuan paket sembako itu diberikan kepada warga kurang mampu yang terdampak dari virus COVID-19 juga untuk membantu para warga dalam menyambut bulan Ramadhan.

"Kami selaku bagian dari BUMN Peduli akan terus melakukan kegiatan sosial ini dan melihat warga yang betul-betul dan layak untuk menerima bantuan sembako gratis," katanya.

Syahruddin mengatakan pada saat bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah mendatang, pihaknya juga akan melakukan kegiatan sosial lainnya diantaranya pemeriksaan gratis bagi warga dan pemberian obat-obatan yang dibutuhkan.

Di tempat yang sama, Koordinator Forum Lintas Media (FLM) Sulawesi Tenggara, Suwarjono mengatakan bantuan paket sembako gratis tersebut merupakan aksi penyaluran ketiga yang sebelumnya menyasar ojek daring, pemulung dan warga tidak mampu di Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka.

"Kami hanya membantu menyalurkan paket sembako gratis dari para sponsor. Kami tertunjuk sebab kami sering melakukan peliputan dan mengetahui warga dan daerah mana yang layak menerima dan tentu kami melakukan survai lokasi lebih awal," kata wartawan Antara Foto yang akrab disapa Jojon.

Rizal, salah seorang warga yang menerima bantuan itu menyatakan merasa sangat terbantu dengan hadirnya bantuan itu. Selama ini, kata dia, belum ada relawan atau lembaga yang masuk di wilayah pemukiman bajo untuk memberikan bantuan.

"Padahal warga disini memang terdampak di tengah COVID-19. Namun, dengan adanya sumbangan ini, kami berharap warga tidak kesulitan menghadapi Ramadhan," ucap Rizal.
 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024