Kendari (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara bersama jajaran TNI di daerah itu mendirikan posko dapur umum guna membantu kebutuhan dasar bagi warga yang terdampak akibat adanya pandemik wabah virus corona (COVID-19).

Didirikannya dapur umum tersebut bertujuan untuk membantu warga masyarakat sekitarnya khususnya bagi mereka yang membutuhkan agar bisa memenuhi kebutuhan dasar mereka yang semakin sulit dipenuhi akibat dampak COVID-19.

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam, di Kendari Rabu, mengatakan, pendirian posko dapur umum tersebut merupakan bentuk partisipasi jajaran TNI-Polri dalam meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19 dalam bentuk bantuan makanan dan sembako melalui dapur umum tersebut.

"Salah satu bentuk partisipasi kita jajaran TNI-Polri yang kita lakukan ke masyarakat di dalam situasi COVID-19 ini. Ini bantuan kita prioritaskan terhadap masyarakat yang berada di daerah-daerah yang memang sangat membutuhkan," kata Merdisyam.
  Kapolda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam saat berada di posko dapur umum yang didirikan Polda Sultra bersama jajaran TNI, Rabu (15/4/2020). (ANTARA/Harianto)

Merdisyam mengungkapkan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat dalam memutus memutus mata rantai penyebaran virus Corona adalah dengan tetap berada di rumah.

"Tentunya sebisa mungkin kita memang berada di rumah. Makanya ada pembatasan-pembatasan kalaupun memang terpaksa harus keluar rumah untuk beraktivitas itu lengkapi diri dengan masker, kemudian jaga jarak atau physical distancing dan social distancing," tuturnya.

Selain itu, Merdisyam juga mengungkapkan rencananya, dapur umum tersebut akan didirikan diseluruh kabupaten/kota di Sultra khususnya dititik-titik terdampak dan lokasi masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Selain mendirikan dapur umum, Polda Sultra juga turut membagikan masker gratis kepada warga sekitar dapur umum itu, dengan total jumlah masker yang dibagikan yakni sebanyak 500 lembar masker kain.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024