Kendari (ANTARA) - Sebanyak 212.430 pelanggan PLN di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mendapat biaya gratis dan diberikan diskon biaya sebesar 50 persen selama tiga bulan, mulai April hingga Juni 2020.

General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (Sulselrabar) Ismail Deu mengatakan bagi pelanggan yang menggunakan daya 450 volt ampere (VA) akan di gratiskan sementara bagi yang menggunakan daya 900 VA akan diberi diskon 50 persen.

"Di wilayah Sulawesi Tenggara, sebanyak 69.921 pelanggan akan digratiskan dengan daya 450 VA dan mendiskonkan sebanyak 142.509 pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi," kata Ismail dalam rilisnya yang diterima di Kendari, Rabu.

Ismail mengungkapkan, pihaknya mendukung penuh kebijakan Pemerintah terkait membebaskan pembayaran listrik bagi 596.754 pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA) akan di gratiskan dan memberikan diskon 50 persen bagi 577.190 pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi di wilayah kerja Sulselrabar.

Ia berharap dengan adanya kebijakan tersebut dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat pandemi global COVID-19 yang mengakibatkan lesunya perekonomian. 

"Dengan adanya kebijakan ini, pelanggan tidak perlu memikirkan tagihan listrik dan terus berada dirumah aja agar terhindar dari pandemi COVID-19," ujar Ismail. 

Program pembebasan tagihan dan keringanan pembayaran ini, kata dia, dimaksudkan untuk melindungi masyakarat untuk yang paling terdampak pandemi.

"asyarakat diimbau untuk tetap di rumah aja sekaligus berkegiatan di rumah. Tujuannya untuk mencegah penularan yang makin luas lagi. Untuk itu pembebasan dan diskon tarif listrik ini diharapkan dapat mendukung hal tersebut. Jadi masyarakat, khususnya yang tidak mampu, tidak harus khawatir dalam menggunakan listrik selama musim yang sulit ini," tutup Ismail. 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024