Kendari (ANTARA) - Mengantisipasi penyebaran virus corona di masyarakat pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Satuan tugas (Satgas) percepatan penanganan virus corona virus disease 2019 (Covid 19) membentuk hingga ditingkat Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) yang ada di 65 kelurahan dari 11 Kecamatan di Kota Kendari.

Terbentuknya tim gugus tugas percepatan penangan virus Corona seperti di kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga melibatkan masing-masing para RT dan RW sebagai ketua dan wakil ketua dibantu beberapa koordinator, sementara pelindung dan penasihat adalah Lurah setempat dan Babinsa dan Babinkamtibmas.

"Tugas dari para Satgas dimasing-masing RT/RW bertujuan diantaranya, meningkatkan ketahanan masyarakat dibidang kesehatan, mempercepat penangana Covid-19 melalui sinergitas antara lintas esktor tingta RW dan RT," ujar Lurah Wundudopi, Ramli di Kendari, Minggu.

Terkait kegiatan yang sudah dilakukan tim satgas ditingkat RW dan RT, Ramli mengatakan, telah dilakukan penyemprotan disenfektan dilingkungan perumahan (rumah warga) serta fasiltas umum lainnya dan rumah ibadah (masjid) dan sekolah.

Menurut Lurah Wundudopi, kegiatan penyemprotan disenfektan dilaksanakan tersebut merupakan salah satu kegiatan satuan tugas percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 Covid-19 di tingkat RW/RT yang sebelumnya telah di bentuk melalui SK Lurah Wundudopi Nomor.3 tahun 2020 tanggal 24 Maret.

"Jadi kegiatan penyemprotan disenfektan yang sudah dilaksanakan merupakan bagaian dari kegiatan satuan tugas percepatan penanganan virus corona di tingkat RW/RT, yang telah kami SK kan sebelumnya,” tutur Ramli.

  Salah satu struktur tugas yang dibentuk pihak kelurahan Wundudopi pada Satgas gugus tugas percepatan penangan virus Corona, di tingkat RT-RW di Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga, Kendari (foto Antara/Azis Senong)
Menurut Ramli penyemprotan disenfektan yang di lakukan satgas tersebut berawal dari inisiatif koordinator satgas  bersama – sama warga yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di warga kelurahan Wundudopi pada khususnya meski dalam pelaksanaannya belum sepenuhnya mendapat bantuan dari pihak – pihak yang berkeinginan membantu dalam penangan percepatan virus corona.

"Tentu kita mengapresiasi kegiatan pelaksanaan penyemprotan disenfektan apalagi kegiatan ini merupakan inisiatif satgas bersama warga," tuturnya.

Untuk diketahui tim satgas percepatan penangangan virus corona di Kelurahan Wundudopi dibentuk di 4 RW pada 11 RT dengan masing-masing RW 01 Azis Senong sebagai ketua dan Asmudin sebagai wakil ketua. di RW 02 H Taklim ketua dan Ibrahim sebagai wakil ketua, RW 03 Rusli Husen sebagaiu ketua dan bahrun Lewa sebagai wakil ketua dan di RW 04 Junai sebagai ketua dan Irvan Javir sebagai wakil ketua.


 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024