Wanggudu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Konawe Utara, menggelar rapat terbatas yang membahas perkembangan situasi terkini pengendalian pencegahan COVID-19 dan menetapkan empat point prioritas yang harus segera dilaksanakan.

Rilis yang diterima di Kendari, Selasa, menyebutkan, rapat tersebut dipimpin oleh Bupati Konawe Utara selaku Komandan Pos Komando Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Konawe Utara diikuti oleh Forkopimda, Kapolres Konawe Utara, Dandim 1417 Kendari, Kajari Konawe, Ketua DPRD,Wakil Ketua II DPRD Konut, Sekretaris Daerah, Jajaran OPD dan Camat di Rumah Jabatan Bupati, Selasa.

"Rapat terbatas ini sifatnya penting karena Pemerintah Kabupaten Konawe Utara sangat serius dalam memutuskan mata rantai dan penyebaran Covid-19," kata Bupati Konawe Utara, Ruksmain.

Disebutkan, empat.poin prioritas yang disepakati dan akan dilaksanakan segera  adalah yang pertama akan dilaksanakan penyemprotan disinfektan serentak dirumah-rumah penduduk, kantor-kantor Pemerintah, Puskesmas, Gedung-gedung Sekolah, sarana dan fasilitas umum pada tanggal 26 Maret 2020.

Poin kedua kan dilaksanakan penyemprotan kepada seluruh kendaraan bermotor yang masuk maupun keluar dari Konawe Utara di tiga titik pos penjagaan yakni di depan Kantor Polsek Sawa, Simpang 3 Desa Belalo dan simpang 3 Langgikima.

Poin ketiga yakni klarifikasi ODP (Orang Dalam Pengawasan) yang dirilis oleh Dinkes Provinsi berjumlah 10 orang adalah mahasiswa Kedokteran Konawe Utara yang kuliah di Tiongkok yang dipulangkan sejak tanggal 26 Februari 2020 lalu dan sampai saat ini mereka belum ada keluhan

Dan  keempat adalah Aparatur Sipil Negara yang melakukan kunjungan kerja dan perjalanan dinas, peserta yang mengikuti Rakornas Badan Kontak Majelis Ta'lim (BKMT) di Jakarta, serta masyarakat yang melakukan perjalanan umrah dan bisnis didaerah-daerah yang berdampak covid-19 sebelum dikeluarkannya Himbauan per tanggal 17 Maret diperiksa kesehatannya dan belum ada keluhan dan saat ini sedang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Usai rapat, Bupati bersama Forkopimda melakukan peninjuan langsung ke Rumah Sakit Kabupaten Konawe Utara untuk melihat kondisi ruang isolasi dan perawatan beserta fasilitasnya yang nantinya akan digunakan jika ada yang positif terpapar Covid-19.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024